Rabu, 21 Desember 2011

Mengapa Akuntansi Diperlukan?


Pengertian akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang tepat dari informasi ekonomi yang dinyatakan dalam bentuk transaksi-transaksi keuangan, kemudian hasilnya ditafsirkan/diinterpretasi sebagai dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan para pemakainya (ekstern dan intern).
Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi. Sehingga, akuntansi menjadi sebuah alat informasi dan komunikasi.
Akuntansi diperlukan untuk menyajikan informasi ekonomi dari suatu lembaga/badan usaha kepada pihak yang berkepentingan, baik yang di dalam perusahaan itu sendiri maupun pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan keuangan yang bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka suatu uang yang dituangkan dalam bentuk laporan keuangan, yang berguna untuk :
a. Perencanaan
Melalui informasi ekonomi yang tepat, maka manajemen perusahaan dapat menyusun rencana, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
b. Pengendalian
Melalui informasi ekonomi yang akurat, maka manajeman perusahaan dapat mengontrol, menilai terhadap jalannya perusahaan.
      c. Pertanggung  jawaban
Walaupun laporan keunagan bersifat kuantitatif, tetapi juga dapat dipergunakan untuk menelusuri data kuantitatif (misal jumlah karyawan), sehingga dapat digunakan utuk bahan pertanggung jawaban manajemen, yang akan dapat digunakan untuk mengambil keputusan pada masa-masa yang kan datang.  
(Nizar Fari.P/12119077/12.1B.14) 

Tidak ada komentar: