Jumat, 23 Desember 2011

Persaingan Usaha

Memulai usaha baru bukanlah hal perkara yang mudah. Berbagai tantangan dan persaingan pasar turut mewarnai perkembangan sebuah usaha. Dalam menjalankan bisnis, persaingan usaha bukanlah hal baru. Baik usaha yang memiliki peluang cukup bagus dipasaran ataupun usaha yang tidak begitu memiliki peluang bagus dipasaran. Bagus tidaknya peluang bisnis disini tentunya di ukur dari tingginya permintaan pasar.
Oleh karena itu, maraknya pertumbuhan usaha saat ini, ternyata berhasil menciptakan persaingan pasar yang semakin ketat.
Berikut ini adalah tips agar usaha yang dijalankan bisa bersaingan dipasaran.
1. Amati usaha dan kenali pesaing anda. Dalam menghadapi persaingan terlebih dahulu anda melihat potensi usaha yang ada. Serta cari tahu siapa pesaing yang kompeten saat ini. Sehingga tidak salah langkah dalam menentukan strategi. Secara tidak langsung dengan mengetahui siapa pesaing anda, anda dapat menghadapi persaingan usaha.
2. Menciptakan produk yang berbeda dan unik yang mempunyai ciri khas. Tentu ini akan menjadi nilai lebih dimata konsumen. Dan membuat para konsumen memilih produk anda dibandingkan dengan produk lainnya.
3. Tonjolkan keunggulan produk anda. Denagan cara mempertahankan kualitas produk anda atau pelayanan prima yang selama inni anda tawarkan kepada konsumen. Dengan begitu loyalitas konsumen akan meningkat.
4. Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan ini anda bisa mengetahui kelebihan pesaing anda dan dapat memanfaatkan kelemahan pesaing anda. Dan memberikan pelayanan yang tidak dimiliki pesaing anda. Sehingga anda bisa memenangkan persaingan usaha. Dan ciptakan produk yang tidak dimiliki pesaing anda. Sebab dengan menawarkan apa yang belum ada pada pesaing anda, maka peluang anda memenangkan usaha semakin terbuka.
5. Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing bukan berarti anda harus menurunkan harga atau merugikan usaha anda. Strategi ini bisa anda lakukan dengan cara memberikan bonus dengan pembelian tertentu. Misalkan dengan”beli 2 dapat 1”. Jadi produk anda bisa bersaing tanpa menurunkan harga drastis.
6. buatlah event untuk mempromosikan produk anda. Cara ini masih sering digunakan para pelaku usaha. Karena minat konsumen dengan berburu barang-barang diskon masih sangat tinggi. Ini bisa dilihat pada departemen store yang menyediakan diskon besar-besaran yang menarik para konsumen untuk membelinya.
(DIAH PERMATASARI/12.1F.24/18111380)

Tidak ada komentar: