Setiap orang selalu mengimpikan
kehidupan yang lebih baik, dan hal tersebut dilakukan dengan
bermacam-macam cara, seperti mencari pekerjaan atau menjadi karyawan suatu
perusahaan, menjadi pedagang ataupun wirausaha.
Apabila dilihat dari sisi
alasan/pendorong seorang wirausahawan merintis usaha baru, maka kita akan
mendapatkan jawaban yang sangat beragam. Koratko & Hodgetts (2007) mengungkapkan,
berdasarkan salah satu studi ditemukan ada tujuh alasan seorang wirausahawan
memulai/membuka usaha baru, yaitu :
1.Kebutuhan akan pengakuan diri
2.Kebutuhan untuk kebebasan 3.Kebutuhan pengembangan diri dan
kepribadian 4.Keamanan dan pengembangan asset
(philanthropic) 5.Persepsi kemakmuran (perception
of wealth) 6.Pengurangan pajak 7.Mengikuti mental model
Berikut beberapa elemen yang
mempengaruhi kinerja usaha baru (new star-up venture) atau fakto-faktor penentu
berhasilnya usaha baru adalah sebagai berikut:
- Karakteristik wirausahawan
- Proses pendirian
- Lingkungan
- Karakteritik jenis usaha
(Muammarizal / 18094902 /12.5D.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar