Strategi Inovasi Untuk Mengatasi Persaingan Usaha
Melonjaknya jumlah pelaku usaha
belakangan ini tentunya mengakibatkan persaingan pasar menjadi semakin ketat.
Bahkan sekarang ini persaingan antara pengusaha yang satu dengan pelaku usaha
lainnya sudah dalam kondisi yang semakin kompleks, sehingga masing-masing
perusahaan kini berlomba menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan
eksistensi bisnisnya.
Menggunakan inovasi baru untuk menghadapi persaingan pasar
ternyata cukup efektif untuk memenangkan pasar yang ada. Tanpa adanya inovasi
dari para pelaku usaha, bisa dipastikan konsumen akan cepat bosan dan bisnisnya
pun akan tenggelam di tengah ramainya persaingan. Karena itulah, para pelaku
usaha kecil maupun besar dituntut untuk selalu berinovasi baik dalam urusan
internal perusahaan maupun untuk meningkatkan daya saing produk yang
dihasilkan.
Untuk melakukan sebuah inovasi, Anda
bisa memulainya dari hal-hal yang sederhana. Misalnya saja sebagai berikut :
- Produk unik dan menarik
Sebagian besar pelaku usaha pastinya
berusaha untuk menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.
Strategi ini memang cukup efektif, sehingga produk yang Anda ciptakan memiliki
daya saing yang cukup kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan
pasar. Selain menciptakan produk baru, Anda juga bisa mengembangkan produk yang
sudah ada menjadi produk yang luar biasa. Dalam hal ini Anda bisa meningkatkan
kualitasnya, memperbaharui bentuknya, atau mempercantik kemasan produknya.
Strategi inovasi juga bisa Anda
jalankan dengan memanfaatkan bantuan teknologi modern dalam setiap proses
produksi maupun operasional usaha. Dengan begitu Anda
bisa lebih produktif, memiliki daya saing produk yang lebih tinggi, serta bisa
lebih teliti untuk mengurangi resiko kesalahan kerja yang disebabkan oleh human
error.
(Nur Muhamad/12099904/12.5c.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar