Jumat, 23 Desember 2011

Profesi Akuntansi

            Kontribusi para akuntan terhadap sistem sosialekonomi suatu negara tidaklah sedikit. bidangspesialisasi akuntansi dalam praktik sehari-hari. 
Secara garis besar, akuntansi dibedakanmenjadi 2 (dua) bidang yaitu: 
(1) akuntansipublik, dan 
(2) akuntansi intern (akuntansiswasta).
            Akuntansi publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansibagi masyarakat. Akuntan yang berprofesi pada akuntansi publik disebutsebagai akuntan publik dan mereka akan mendapatkan fee dari pengguna jasanya.           
            Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh akuntanpublik meliputi pemeriksaan laporan keuangan,bantuan di bidangperpajakan, sistem informasi akuntansi ataupun konsultasi manajemen. Untuk dapat menjadi Akuntan Publik Bersertifikat (Certified Public Accountants = CPA) ada persyaratan khusus yang harus ditempuh olehpara akuntan. Organisasi profesi akuntan di Indonesia disebut IkatanAkuntan Indonesia (IAI).Sedangkan, dalam akuntansi internal, para akuntan akanbekerja pada sebuah perusahaan. 
           Akuntansi intern disebut jugaakuntansi swasta. Para akuntan yang berkecimpung dalam akuntansiintern ini dikatakan berprofesi sebagai akuntan intern atau akuntanswasta atau akuntan manajemen. Jasa yang diberikan oleh para akuntandalam sebuah perusahaan meliputi pekerjaan-pekerjaan sebagai: 

(a)controller 
(b)bookkeeper (pemegang buku), 
(c)cost accountant (akuntanindustri atau akuntan biaya), 
(d)Internal auditor (pemeriksa intern), 
(e)tax specialis t, dan 
(f) akuntan penyusun anggaran

Nama : dio hanggara
Kelas  :12.1E.14

NIM    :12119488

Tidak ada komentar: