Sabtu, 24 Desember 2011

Persaingan Usaha

Dalam setiap usaha tidak lepas dari persaingan apalagi bisnis yang kita jalankan sukses,tentu akan banyak pesaing pesaing baru akan mengikuti kesuksesan usaha kita. Strategi yang bisa kita lakukan menghadapi persaingan usaha adalah dengan permainan harga. Masalahnya   jika kita perang harga ,maka kita siap untuk kehilangan sebagian profit yang kita miliki.. Dalam menghadapi persaingan usaha  kita melakukan cara menghadapi persainga usaha tanpa menurunkan harga  yaitu:
1.PILIH PESAING YANG TEPAT
Dalam menghadapi persaingan membutuhkan energi,waktu dan biaya    sebelum kita melangkah jauh sebaiknya kita menetapkan  siapa pesaing kita saat ini.
2.FOKUS KEPADA KEUNGGULAN KITA
Jika selama ini usaha kita sudah jalan kita harus yakin usaha atau produk yang kitaharus yakin usaha atau produk yang kita miliki memiliki keunggulan dalam  menghadi sengitnya persaingan dan kita harus fokus keunggulan atau pruduk usaha kita .
Contohnya kalau keunggulan kita terletak pada kecepatan pelayanan,maka keunggulan inilah yang harus kita pertahankan dan ditinggkatkan.
3.FOKUS KEPADA KELEMAHAN PESAING
Tahukah kita apa kelemahan pesaing kita saat ini?? Jika sudah tau,mengapa kita tidak menggunakan kelemahan pesaing kita untuk kesukseaan usaha kita sendiri,sedangkan untuk costumer kita apa yang tidak pesaing sediakan.
4. BELAJAR DARI PENGALAMAN
Pengalaman adalah guru terbaik kita bisa belajar dan dari pengalaman kita sendiri ,sebelumnya atau belajar dari pengalaman orang lain dalam menghadapi persaingan.
5.KELUAR DARI PERSAINGAN
Persaingan kadang tidak selalu harus kita hadapi,kita harus keluar dari persaingan ,keluar dari persaingan bukan berarti menutup usaha kita atau kita bisa mencari ceruk pasar baru,membuat produk baru,inovasi,dll
(DORHANA SINAGA/12 IF .24/18110223)

Tidak ada komentar: