Jumat, 23 Desember 2011

Profil Wirausaha Sukses: "Ir.Ciputra"

Di Negara Indonesia sudah cukup banyak wirausaha sukses yang telah membuktikan kesuksesan mereka melalui usaha-usahanya untuk membantu kemajuan pembangunan di Indonesia. Salah satu dari wirausaha yang sukses dibidangnya adalah Ir. Ciputra.
Siapa yang tidak kenal dengan  pengusaha sukses di Indonesia ini? Ir. Ciputra (lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931) merupakan profil wirausaha sukses yang menjadi contoh wirausaha lainnya di Indonesia. Beliau sejak kecil sudah merasakan kesulitan dan kepahitan hidup karna lokasi tempat tinggalnya merupakan desa terpencil di Sulawesi Tengah. Beliau mulai merantau ke pulau Jawa saat lulus SMA dan melanjutkan pendidikan ke ITB (Institut Teknologi Bandung).
Kini, 20-an tahun kemudian, Ciputra telah memiliki tiga group yang dipimpinnya yakni Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group dimana Pembangunan Jaya Group ini memiliki sedikitnya  20 anak perusahaan dengan 14.000 karyawan. Seperti yang telah kita ketahui, Ciputra telah sukses melampaui semua orde : orde lama, orde baru, maupun orde reformasi. Selain itu, Ciputra pun sukses menjadi contoh kehidupan sebagai manusia. Ciputra memang tidak menjadi konglomerat nomor satu atau dua di Indonesia, tetapi beliau adalah yang terbaik dibidangnya yakni realestate.
Pada usianya yang ke-75, ketika akhirnya beliau harus memikirkan pengabdian masyarakat apa yang akan ia kembangkan, dia memilih bidang pendidikan. Kemudian didirikanlah sekolah dan Universtia Ciputra. Sekolah ini bukanlah sekolah biasa, sekolah ini menitikberatkan pada entrepreneurship. Dengan sekolah kewirausahaan ini Ciputra ingin menyiapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa pengusaha. (Chrystian Budi Utomo/12118944/12.1E.24)

Tidak ada komentar: