Selasa, 27 Desember 2011

Siklus Hidup Sistem

Siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem. Dilakukan dengan strategi Top-Down Design.
Tahap tahap siklus hidup
     
      Empat tahap pertama adalah perencanaan,analisa,rancangan dan penerapan.Tahap tahap ini secara bersama sama dinamakan siklus hidup pengembangan sistem(systemdevelopment life cycle-SDLC).
Tahap kelima adalah tahap penggunaannya,yang berlangsung sampai sudah waktunya untuk merancang sistem itu kembali.proses merancang kembali mengakibatkan siklus itu akan diulang lagi.

PENGELOLAAN SIKLUS HIDUP 
- Saat sistem memiliki nilai strategis atau mempengaruhi seluruh organisasi, direktur utama atau eksekutif mungkin memutuskan untuk mengawasi proyek pengembangannya. 
- Ketika lingkup sistem menyempit dan fokusnya lebih operasional, kepemimpinan akan dipegang oleh eksekutif tingkat yang lebih rendah seperti wakil direktur utama, direktur bagian administrasi dan CIO. 
- Komite yang memberikan petunjuk, pengarahan dan pengendalian yang berkesinambungan disebut komite pengarah. 
- Komite pengarah yang mengarahkan penggunaan sumber daya komputer perusahaan dinamakan komite pengarah SIM      
Komite Pengarah SIM, melaksanakan 3 fungsi utama yaitu: menetapkan kebijakan, menjadi pengendali keuangan dan menyelesaikan pertentangan. (Parane S./12105070/12.3A.24)        

Tidak ada komentar: