Jumat, 23 Desember 2011

Akuntansi bagi Organisasi Pengelola Zakat


Tujuan laporan keuangan organisasi pengelola zakat (OPZ) adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan aktivitas pengumpulan danpenyaluran zakat yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Suatu laporan keuangan bermanfaat apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dapat dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan. Akan tetapi, perlu disadari pula bahwa laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan OPZ karena secara umum laporan keuangan hanya menggambarkan pengaruh keuangan dari
kejadian masa lalu dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi non keuangan. Walaupun demikian, dalam beberapa hal OPZ perlu menyediakan informasi yang mempunyai pengaruh keuangan masa depan. OPZ memiliki tugas pokok:
1. Mengumpulkan; OPZ bertugas mengumpulkan zakat dari muzakki dengan akad muthlaq dan atau muqoyyad. Pedoman Akuntansi OPZ Hal 2. Selain zakat, OPZ dapat mengumpulkan infaq, shadaqah, hibah, wasiat, waris, dan kafarat dengan akad muthlaq danatau muqoyyad. Dana yang dikumpulkan dikelompokkan berdasarkan persamaan karakternya.
2. Mendistribusikan; OPZ bertugas mendistribusikan dana yang berhasil dikumpulkan kepada mustahiq dengan akad penyerahan muthlaq.
3. Mendayagunakan; OPZ bertugas mendayagunakan dana yang berhasil dikumpulkan kepada mustahiq dengan akad penyerahan muthlaq dan atau muqoyyad. Pendayagunaan dilakukan melalui berbagai program/kegiatan yang produktif dan berkesinambungan.
(HAJRIYAH/18112339/12.1C.24)

1 komentar:

mahasiswabsi mengatakan...

Mengapa akuntansi diperlukan?
Definsi Akuntansi (menurut A.A.A)
Akuntansi adalah proses mengidentifikasi mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkanadanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informas tersebut.
seperti kita ketahui bahwa definisi dari akuntansi itu sendiri adalah pada dasarnya:
1.Harus dapat mengidentifikasi data yang relevan dengan keputusan yang akan diambil.
2.Memproses atau menganalisis data yang relevan
3.Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambila keputusan.
kesimpulannya adalah akuntansi itu sangat diperlukan sekali bagi mereka-mereka yang membutuhkan informasi tentang keadaan keungaan suatu perusahaan.Dengan adanya informasi yang jelas dan relevan mereka dapat menilai apakah perusahaan tersebut aman dan layak apabila mereka menanamkan saham di perusahaan tersebut.
Siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut?
mereka adalah pemakai-pemakai informasi akuntansi diantaranya :
a.Pemilik perusahaan e.kreditur
b.Karyawan f.Pemerintah
c.Manajemen g.Analisis dan konsltan keungan.
d.Asosiasi dagang h.Federasi Buruh