Jumat, 23 Desember 2011

Memulai Usaha Baru

Memiliki suatu usaha yang sukses adalah impian banyak orang, tapi bagaimana cara mendirikan usaha baru?. Dalam membuka usaha baru, terlintas pemikiran “apa yang cocok”, “yang mudah dikerjakan” dan “yang bisa memberikan keuntungan besar”. Sebenarnya tidak perlu bingung,  Jika kita memahami bahwa semua usaha dengan modal awal yang sama maka relatif sama pula hasil maupun resikonya.
Kinerja dan mind power yang kita punya adalah sesuatu yang sangat menentukan dalam membuka usaha baru. Dalam arti prospek usaha yang akan kita jalani tersebut tergantung dari dua hal tersebut. Akankah berhasil & berkembang? Ataukah akan gagal dan merugi? Dan kinerja serta mindpower sangat dipengaruhi oleh suka tidaknya kita pada apa yang kita lakukan.  Maka agar usaha kita lancar dan sukses, ada beberapa tips sederhana untuk dilakukan.
1.    Lihatlah dan perhatikan usaha yang lebih dulu buka “Semakin banyak melihat usaha yang sama maka semakin jelas hal-hal apa saja yang bisa diambil manfaatnya”. Kalau bisa cari beberapa sebagai pembanding. Perhatikan secara keseluruhan, baik penataan, pelayanan maupun cara kerja. Jangan merasa bingung & putus asa dalam ini, sebab daya pikir anda dalam niat membuka usaha sudah tertantang dari sini untuk kedepanya.

2.    Dari yang Anda perhatikan diatas, tirulah mereka. Tiru dalam arti contoh hal yang baik & dan gunakan pemikiran usaha seperti mereka. Kecuali nama dan merek tentunya.  Karena ini sangat membantu dalam mensukseskan usaha yang nantinya kita buat.

3.    Penambahan yang dimaksud disini adalah penambahan point-point selain point yang kita contoh dari usaha yang lebih dulu sukses, dengan harapan bisa menambah daya juang dalam menyukseskan usaha yang kita dirikan. Misal harga yang lebih bersahabat, tempat usaha yang menyenangkan & tidak monoton, sarana & sevice pendukung yang lebih lengkap. Aplikasikanlah dalam usaha kita.
5
Bisnis yang berkembang akan memacu untuk memulai usaha yang baru, kuncinya adalah keberanian untuk memulai usaha. Orang yang berani mengambil langkah memulai usaha bisnis, jikalau dalam perjalanan usahanya mengalami kegagalan tidak pernah difikir terlalu jauh. Kegagalan adalah pelajaran & cambuk untuk meraih keberhasilan. Akhirnya usaha tidak pernah dilakukan. Sebagian orang merasa nyaman dengan gaji menjadi pegawai disebuah instansi dengan berbagai macam fasilitas. Tetapi sebagian orang merasa dirinya terbatas jika bekerja pada orang lain, dan bisa lebih berkembang jika memiliki usaha sendiri. (Ragil Priyo Laksono/12119372/12.1F.24)


Tidak ada komentar: