Minggu, 06 Mei 2012

Analisa Pasar Konsumen


             Mengembangkan dan memulai bisnis akan terasa lebih mudah jika Anda melakukan analisa pasar terhadap konsumen sejak awal. Tidak dapat dipungkiri kehidupan suatu bisnis ditopang oleh konsumen. Bisnis atau perusahaan yang menjual produk terbaikpun akan sia-sia jika jumlah pembeli nya sangat sedikit. Banyak orang berpikir bahwa berbisnis itu adalah mencari uang. Sebenarnya hal ini dirasa kurang tepat. Jika Anda bekerja, maka bisa dikatakan bahwa orientasi Anda adalah mendapatkan gaji sebesar-besarnya, namun jika Anda berbisnis maka Anda harus berpikir untuk memperoleh konsumen sebanyak –banyaknya. Nah, hal ini dpat dilakukan jika Anda bisa melalukan analisa pasar yang tepat.

            Analisa pasar bukan berati Anda mengamati perdangan, siklus jual beli, atau keadaan pemebelian barang/jasa saja. Melakukan analisa pasar berati Anda meneliti konsumen dan calon konsumen produk/jasa Anda. Sederhana saja, logikanya jika Anda bisa memahami konsumen Anda dan mendapatkan pembeli yang tepat maka konsumen pun akan merasa kebutuhannya terpenuhi. Kemudian mereka tidak hanya akan menjadi buyer (pembeli) yang sekadar menajajal produk/jasa yang ditawarkan namun juga menjadi pelanggan tetap dan pada akhirnya secara tidak sadar mereka akan mempengaruhi orang disekitarnya untuk membeli produk Anda.

            Pada dasarnya analisa pasar, akan membantu Anda melihat konsumen seperti apa yang sesuai untuk bisnis Anda, bagaimana menghadapi mereka, serta apa saja yang diperlukan untuk memenangkan hati konsumen supaya mereka tidak memilih untuk membeli di pesaing Anda.

            Pada akhirnya analisa pasar yang tepat akan mempertemukan Anda dengan konsumen yang sesuai untuk produk dan jasa keuangan yang Anda tawarkan. Misalnya Anda membuat jasa travel agent yang menawarkan kemudahan untuk travelling ala backpacker dengan biaya murah. Nah, untuk hal ini maka konsumen yang sesuai untuk Anda juga pasti adalah konsumen yang memiliki budget travelling terbatas dan tidak keberatan untuk menetap di hotel biasa dengan akomodasi murah. Jika sudah menemukan kelompok konsumen dengan criteria sesuai, Anda hanya tinggal mencari apa saja harapan mereka, keinginan mereka, serta mengevaluasi kekurangan pelayanan bisnis Anda. Jika sudah maka Anda bisa mengembangkan usaha Anda. Tentu saja jika ingin menambah produk baru atau memperluas jaringan bisnis, disarankan untuk tetap membuat analisa pasar yang relevan dengan kondisi saat ini.
(Chotipah Masnunah/12121584/12.1A.14)

Sumber . analisa pasar is blogging on My Opera

Tidak ada komentar: