Rabu, 14 Desember 2011

MENGAPA AKUNTANSI DIPERLUKAN?


Kalau matematika adalah bahasa para fisikawan, maka akuntansi adalah bahasa para businessman yang sering dirumuskan dalam sudut pandang yang berbeda – beda.Ada yang memandang akuntansi sebagau ilmu, seni, sudut pemakaian jasa dan sudut proses kegiatan.
Ditinjau dari sisi pemakaiannya, akuntasi dapat diidentifikasikan sebagai kegiatan secara efisien dan mengevaluasikan kegiatan – kegiatan suatu organisasi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 aktivitas dalam akuntansi.
1. Identifikasi (Identifying)
Aktivitas ini mengidentifikasikan segala transaksi yang terjadi untuk membedakan apakah transaksi tersebut merupakan transaksi ekonomi atau bukan.
2. Pencatatan (Recording)
Aktivitas ini melakukan pencatatan segala transaksi ekonomi secara kronologis dan sistematis dengan memakai asumsi dasar satuan uang, sehingga dapat memisahkan transaksi ekonomi dan non ekonomi.
3. Pengkomunikasian Informasi (Comunicating)
Aktivitas ini membuat laporan dari hasil pencatatan transaksi ekonomi dan didistrubusikan kepada para pemakai informasi akuntansi . baik internal maupun eksternal.
Dalam hal ini informasi akuntansi digunakan oleh berbagai pengguna dengan masing – masing kepentingannya dan dapat dikelompokan menjadi :
1. Pengguna Internal
Meliputi : Manajemen dan Karyawan.
2. Pengguna Eksternal
Meliputi : Kreditur,Calon Kreditur,Investor,Calon Investor,Pemerintah,Analis dan Konsultan Keuanagan,Asosiasi Dagang, serta Asosiasi Buruh.
Yang bertujuan untuk memberikan informasi ekonomi tentang aktiva,modal,hutang,proyeksi laba. Serta perubahan aktiva dan hutang. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang berkualitas dan memenuhi karakteristik dalam laporan keuangan.
Di dalam suatu perusahaan akuntansi sangat diperlukan untuk mencapai tujuan bersama para pendirinya dengan melakukan kegiatan ekonomis seperti memproduksi barang dan jasa dalam suatu masyarakat untuk memaksimumkan laba/profit suatu perusahaan.
Dari Jenis usaha Perusahaan terbagi menjadi 3 jenis,yaitu:
1. Perusahaan Jasa
2. Perusahaan Dagang
3. Perusahaan Manufaktur
Berdasarkan bentuk usahanya, perusahaan dapat dibagi menjadi 3 jenis:

Perusahaan Dagang
Perusahaan Persekutuan
Perusahaan perseroan
Asal modal
Modal Pribadi
Modal dua orang atau lebih
Penjualan saham
Perdistribusian Modal
Pengambilan pribadi (prive)
Pengambilan pribadi (prive)
Dividen
Perlakuan terhadap laba yang tidak di ambil pemilik(laba ditahan)
Dipindah ke akun modal, tidak ada akun laba di tahan.
Dipindah ke akun modal para pemilik sesuai proporsinya; Tidak ada akun laba ditahan
Dipindah ke laba ditahan (retained earnings) yang merupakan elemen ekuitas

Tidak hanya di dalam suatu perusahaan saja yang memerlukan akuntansi, di dalam kehidupan pribadi saya pun akuntansi sangat penting. Saya pernah mengalami kebingungan ketika dipertengahan bulan, uang jajan saya tinggal sedikit. Saya bingung kemana saja uang tersebut saya pergunakan. Hal ini terjadi karena karena tidak adanya catatan yang mendukung untuk saya mengingat kembali transaksi yang saya lakukan. Setelah saya mempelajari akuntansi dasar mulai dari sekarang, saya selalu mencatat apa saja transaksi yang telah saya lakukan dengan uang saya selama satu bulan.
(RATNA AYU SRI HENDRAWATY/12114512/12.1B.14)

Tidak ada komentar: