Kamis, 15 Desember 2011

Profesi Akuntansi

Anda mungkin berpikir bahwa semua bidang akuntansi adalah sama .Namun, anda akan menemukan beberapa bidang spesialisasi akuntansi dalam praktiknya . Dua bidang yang sering ditemui adalah akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial . Bidang yang lainnya meliputi akuntansi biaya, akuntansi lingkungan, akuntansi pajak , sistem akuntansi, sistem internasional, akuntansi untuk organisasi nonlaba, dan akuntansi sosial. 

Akuntansi keuangan (financial accounting) sangat terkait dengan pencatatan dan pelaporan data dan aktifitas ekonomi suatu perubahan. Selain laporan ini berguna bagi manajer, laporan tersebut juga menjadi laporan utama bagi pemilik usaha, kreditor, badan pemerintah , dan masyarakat. bagaimana anda dapat mengetahui pilihan yang tepat untuk melakukan investasi? Salah satu cara adalah dengan memerilsa laporan keuangan dan membandingan kinerja dan kondisi ekonomi setiap perusahaan. Tujuan dari akuntansi keuangan adalah menyediakan laporan yang berguna untuk kebutuhan tersebut.
 
Akuntansi manajerial (manager accounting) atau akuntansi manajemen, menggunakan akuntansi keuangan untuk membantu manajemen dalam menjalankan aktifitas operasional harian dan merencanakan aktifitas operasional dimasa depan. Akuntansi manajemen memperoleh dan melaporkan informasi yang relavan dan tepat waktu untuk keperluan pembuatan keputusan yang dilakukan oleh manajemen. Sedangkan akuntan yang bekerja diperusahaan atau organisasi nirlaba dikatakan bekerja sebagai akuntan swasta ( private accountant).Akuntan yang memberikan jasa untuk mendapatkan imbalan atau honor disebut akuntan publik. (NURKHASANAH/ 18110493/12.1C.24)

Tidak ada komentar: