• Data: fakta berupa angka, teks, dokumen,gambar, bagan, dan suara yang mewakili deskripsi verbal tertentu. Data dikumpulkan untuk maksud dokumentasi.
• Informasi: data yang telah diolah (diurutkan, dipadatkan, disaring, dicuplik, dsb) sehingga memiliki arti dan nilai yang lebih tinggi bagi seorang individu atau kelompok tertentu. Informasi diperlukan untuk membuat keputusan, untuk manajemen organisasi.
SYARAT KUALITAS INFORMASI (Parker, 1989)
1. Ketersediaan (availability)
2. Mudah dipahami
(comprehensibility)
3. Relevan
4. Bermanfaat
5. Tepat waktu (timeliness)
6. Keandalan (reliability)
7. Akurat
8. Konsisten
FENOMENA ABAD INFORMASI
• Informasi sangat menentukan kinerja organisasi (swasta maupun publik)
• Teknologi digital (komputer) adalah keharusan
• Tuntutan kualitas SDM yang lebih tinggi
• Pembagian kerja berbasis TI
• Desain organisasi lebih datar, mengakomodasi aliran informasi.
(Diky Putra Siwi/12.3A.24/12109001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar