Rabu, 21 Desember 2011

DATA dan INFORMASI

Tren Dunia terus berubah seiring dengan bergeraknya waktu meski terkadang tren terulang pada peride tertentu.Karena gaya hidup manusia selalu dinamis dan terus menyesuaikan perkembangan zaman.Tahun 2011 menandai perubahan besar pada tablet dan smartphone.Karena itu,banyak yang bertanya-tanya seperti apa trennya pada 2012 ?

Menjelang pergantian tahun,para analisis dan lembaga riset buru-buru mengoreksi analisis yang mereka lakukan pada awal 2011 itu karena pertumbuhan tablet pada tahun ini begitu dahsyatnya hingga melebihi pridiksi mereka. Lembaga survei IHS Global Insight mengoreksi prediksi tablet global yang dikapalkan pada 2011 dari 60 juta unit menjadi 64,7 juta.Padahal,pada tahun 2010  jumlah tablet yang dilepas ke pasar secara global hanya 17,4 juta unit.Kenaikannya mencapai 273% !
Tahun depan,tablet aykan terus mengalami peningkatan  cukup drastis.eMarketer memperkirakan lebih dari 81,3 juta tablet akan terjual pada tahun 2012.Tingginya pertumbuhan tablet ini ternyata berdampak pada penjualan Personal Computer (PC). Diperkirakan PC (termasuk tablet) yang terjual pada 2011 akan meroket ke angka 414 juta unit global atau meningkat 13% dibandingkan tahun 2010.Namun jika tablet tidak di ikut sertakan dalam angka itu pertumbuhan pasar PC global hanya 1% pada 2011 atau sekitar 353 juta unit.
Dapat disimpulkan bahwa tablet dengan layar sentuh memang mengakselerasi pertumbuhan total dari komputer portabel. Namun tablet juga membuat orang memilih piranti sentuh dibandingkan keyboard yang ada pada notebook maupun notbook.Padahal,sebelum ada tablet,dua piranti bergerak itulah yang menjadi bintangnya.
Dalam banyak kasus,tablet memang tidak menggantikan destop PC pengguna yang ada di rumah.PC masih digunakan untuk melakukan fungsi produktif,seperti mengetik panjang,bekarja dengan lebar spreadsheet,atau menciptakan konten multimedia.Namun fakta nya dengan membeli tablet pengguna cenderung menunda untuk melakukan pembelian laptop atau PC baru.

Isi dan fungsi yang tertanam dari tablet & smartphone :

1.PENGENALAN OBJEK
 Perangkat high-egh memiliki sensor yang lebih baik dan kemampuan pemrosesan yang memungkinkan aplikasi canggih untuk mengenali lingkungan sekitar pengguna.Misalnya objek atau tempat tertentu.Perangkat Object Recognisition (OR) akan memiliki tampilan antar muka yang mudah digunakan sehingga akan banyak aplikasi yang dibekali ini yang akan muncul dipasaran tahun 2012.

2.MOBILE COMMERCE
Tahun ini berbagai teknologi mobile commerce mulai diperkenalkan pada masyarakat.Berbelanja di smartphone jelas memberikan kenyamanan.Selain ringkas karena hadir dalam form factor lebih kecil,aktivitasnya juga bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

3.FITUR PENCARIAN 
Pada tahun 2012 fitur ini akan berkembang tak hanya menampilkan hasil pencarian.Misalnya setelah mengetik nama restoran di Google,kita bisa langsung menelpon,melakukan revisi,memesan atau lain-lainnya.

4.SOSIAL MEDIA
Inilah aplikasi yang akan menyedot traffic paling tinggi.Tahun depan social networking mobile menjadi aplikasi paling tinggi potal dan media penyipanan di awan (cloud) terhadap meningkatnya traffic messaging,e-mail,video,foto,game,dan lain-lain.

5.MOBILE VIDEO
Ponsel dengan layar besar dan tablet adalah alat yang nyaman untuk mengkonsumsi vedio.Dengan pemasaran vendor,dukungan Operator dan content provedir dalam menyediakan video di ponsel atau tablet akan semakin tinggi pada 2012.

6.MOBILE e-Mail
Smartphone membuat adopsi mobile e-mail menjadi sangat tinggi.Itu karena mudah sekali digunakan,cepat,dan berfariasi layanannya.pada tahun depan pengguna mobile e-mail akan lebih mendominasi dan meningkat drastis.

7.MOBILE INSTANT MESSAGING / MIM
Mobile Instant Messaging  tidak hanya semakin populer seiring dengan munculnya aplikasi yang dapat menggabungkan beberapa client dari internet messaging.Layanan seperti ini mengancam komunikasi tradisional seperti suara.

8.PEMBAYARAN MOBILE
Fitur Near Field Communication ( NFC) memang sudah sering disebut-sebut sejak awal tahun ini.Namun fitur yang untuk sementara hanya ada di posel high-end tersebut baru akan digunakan secara mainstream pada 2015. (Trio Kristanto/12116026/12.1E.24)

sumber reverensi media informasi  televisi & surat kabar.

Tidak ada komentar: