Rabu, 21 Desember 2011

Menghadapi Persaingan dalam Usaha

Memulai usaha bukanlah hal yang mudah , setiap memulai usaha yang baru anda mulai tidak akan lepas dari yang namanya persaingan. Semakin sukses usaha yang akan anda lakukan semakin banyak pula pesaing-pesaing baru yang akan mengikuti kesuksesan anda. Strategi yang biasa digunakan adalah perang harga namun jika anda perang harga maka anda harus siap kehilangan sebagian profit, dan perang harga yang berkepanjangan hanya “merusak” usaha yang anda lakukan. Berikut saya berikan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghadapi persaingan pasar :

1. 1. Pilih Pesaing Yang Tepat
Sebelum memulai usaha terlebih dahulu lihatlah potensi pasar yang ada, sebaiknya anda menetapkan siapa pesaing anda saat ini, siapa pesaing anda akan menentukan bagaimana cara menghadapinya.
2. 2. Ciptakan Produk Yang Berbeda
Dengan menciptakan produk yang unik dan berbeda yang belum ada dipasaran, maka produk anda memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki pesaing anda. Sehingga para konsumen lebih memilih produk anda dibandingkan produk lainnya yang ada dipasaran.
3. 3. Fokus Kepada Keunggulan Anda
Fokuskan diri untuk menonjolkan keunggulan produk anda, misalnya dengan cara mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima yang selama ini Anda tawarkan kepada konsumen. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk Anda, akan semakin meningkat.
4. 4. Fokus Kepada Kelemahan Pesaing
Jika anda sudah tahu kelemahan pesaing anda sebaiknya anda gunakan kelemahan pesaing anda untuk kesuksesan usaha anda sendiri.
5. 5. Berdoa
Nah,,,,,,ini tips terakhir dan harus anda lakukan , usaha tanpa doa hanya sia-sia karena setiap rezeki sudah diatur dan sehebat apapun strategi yang anda lakukan hanya tuhan yang menentukan hasilnya.
(Ida Parwati/12.1E.24)

Tidak ada komentar: