Rabu, 21 Desember 2011

Wirausaha di masa krisis

MENJELANG kelulusannya, mahasiswa sering berpikir ke mana harus mencari pekerjaan setelah lulus kelak. Mencari, mencari, dan terus mencari. Sampai kapan kita akan betah dijuluki sebagai pencari pekerjaan?
Kita semua tahu bahwa kata ‘’mencari’’ identik dengan sesuatu yang bisa atau tidak bisa didapatkan. Jika sesuatu yang dicari itu ternyata tidak bisa didapatkan, sudah tentu akan menimbulkan rasa kecewa, dan pesimis.
Perasaan-perasaan dan kekhawatiran seperti di atas sebenarnya bisa dihindari, bilamana mahasiswa sudah memiliki bekal jiwa berwirausaha (entrepreneur) sejak duduk di bangku kuliah.
Pemikiran tentang mencari pekerjaan seharusnya sudah mulai dihilangkan dan diganti menjadi pemikiran untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan.
Kita semua menyadari bahwa di Indonesia saat ini, lapangan kerja yang ada tak lagi mampu untuk menampung lulusan perguruan tinggi yang jumlahnya jutaan setiap tahunnya. Oleh karena itu, negara ini sangat membutuhkan para entrepreneur sejati untuk menciptakan lapangan pekerjaan, membantu pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat, agar Indonesia tidak terus - menerus dicap sebagai bangsa pekerja.
Jiwa kewirausahaan, khususnya di kalangan anak muda, dirasa merupakan suatu bekal yang sangat penting untuk melangkah ke depannya.
Karena selain menjadi jalan keluar untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, berkembangnya para wirausahawan muda di berbagai sektor juga mempunyai nilai tambah yang akan mampu meringankan beban pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran.
Maka dari itu, tak heran jika sekarang ini sedang gencar sekali diadakan penyuluhan ataupun seminar-seminar kewirausahaan di berbagai perguruan tinggi.
Selain karena pembekalan jiwa entrepreneur yang dirasa sangat penting, perguruan tinggi juga sedang berlomba-lomba untuk mencetak mahasiswa yang siap terjun ke dunia kerja dengan modal jiwa entrepreneur yang kuat. Diyakini, hanya para wirausahawan sejati yang akan mampu bertahan dan sukses di masa krisis

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/20/156643/Solusi-di-Masa-Krisis

Nama: Ardiansyah Wibowo
Nim: 18112320
Kelas 12.1C.24

Tidak ada komentar: