Selasa, 01 Juli 2014

Masa Depan Teknologi Informasi



Teknologi informasi telah membawa sebuah perubahan yang sangat besar, kita sendiri dapat melihat perubahanya dari banyak hal, salah satunya dari cara orang berkomunikasi. Dulu ketika ada dua orang ingin berkomunikasi  jarak jauh sampai  dua hari,seminggu, bahkan bisa lebih, tapi sekarang zaman sudah canggih menggunakan teknologi, jadi untuk berkomunikasi tidak hitungan jam, beberapa menit juga sudah bisa brkomunikasi, dulu mungkin masih menggunakan kertas(secara manual), sedangkan sekarang sudah banyak cara untuk berkomunikasi, bisa melalui handphone, notebook, laptop,dll.           
Bagaimana dengan perkembangan masa depan teknologi itu sendiri, sekarang saja sudah merubah pertumbuhan manusia untuk lebih cepat dalam mengerjakan aktivitas nya. Pada saat ini ada yang namanya komputasi awan. Dalam waktu 5-10 tahun komputasi awan ini akan di jadikan bagian utama dari infrastruktur computer. Dalam kurun waktu tersebut, banyak hal yg akan berubah menjadi radikal, yaitu perangkat lunaktidak lagi di pasang pada perangkat keras, beberapa perangkat lunak yang akan muncul,perangkat lunak modular, munculnya perangkat lunak sosial, prosesor berdaya rendah, dan interkoneksi yang lebih cepat.
Ada juga bagian dari sebuah teknologi yang dapat merubah dan menimbulkan pengaruh yang sangat besar bagi manusia yaitu jejaring sosial. Kerja sama dan keterlibatan manusia dalam media sosial akan semangkin meningkat. Informasi yang kita dapat  pada keseharian kita. Orang-orang akan semakin mudah dan berbagi pendapat-pendapat mereka,ketertarikan, dan informasi yang dimiliki, serta kurang perduli dengan perindungan informasi . karena setiap orang dapat mengambil bagian dalam sebuah konten, masa depn dari sebuah jejaring sosial  juga melibatkan pesatna konten singkat dan munculnya nama hal baru yaitu storytelling yang baru: yaitu mengumpulkan dari sebuah bagian-bagian dari informasi dan menciptakan sebuah narasi dari konten-konten sosial.
Masa depan beikutnya yang akan di alami oleh jejaring sosial adalah perniagaan sosial, yaitu perniagaan telah memudahkan atau memperkecil batas antara dunia bisnis dengan pribadi. Penelitian menunjukka bahwa respond orang terhadap pemberitahuan pribadi(personal posting) lebih baik dan lebih canggih dari sebuah marketing langsung. Perusahaan-perusahaan akan menempatkan posisi dirinya di atas sebuah laba, sedangkan jejaring sosial akan menghasilkan laba bagi perusahaan yang memanfaatkanya. Perusahaan juga aanmengiklankan diirinya secara utuh(Whole person) untuk menarik lebih banyak klien-klien. Sedangkan WOM (WORD OF MOUTH MARKETING) akan iba seiring waktu dengan kemampuan jejaring sosial yang memfasilitasi rekomendasi produk secara perorangan.
Selain jejaring sosial dan komputasi awan, masadepan teknelogi informasi terkait dengan pernagkat kerasnya. Kecpatan dan kinerja pemrosesan computer akan terus meningkat sebagaimana terjadi sekarang. Tiak hanya itu, perkembangan teknologi juga memunginkan pemrosesan yang membutuhkan daya listrik lebih rendah. Selain itu juga perkembangan komponen perangkat keras lainya yaitu seperti interface(contohnya,layar sentuh yang semakin banyak di gunakan ), perlatan-perallatan yang sangat mudah ntuk penyimpanan data seperti storage device, dan perangkat input, juga akan mementuk sebuah masa depan dai teknologi dn informasi dan sangat berdampak luas bagi kehidupan manusia, baik dampak positif dan negatifnya. Bukan juga tidak mungkin , di masa depan yang akan dating aka nada computer yang lebih tipis dari pada omputer di zaman sekarang, namun memiliki kemampuan komputasi yang berlipat ganda.
Teknoogi lain yang dapat mengubah wajah teknologi informasi di masa yang akan dating adalah munculnya sebuah nana yaitu komputasi kuantum( quantum computing). Teknologi ini juga masih di kembangkan oleh para fisikawan dengan memanfaatkan sifat kuantum partikel( sifat partikel pada skala yang kecil) suatu partikel dapat berada pada sebuah dua keadaan (state) dalam satu waktu. Pada computer biasa, representasi bit 0dan 1 terjadi secara terpisah, sedangkan dinkomputer kuantum , keadaan seperti itu dapat terjadi secara bersama-sama. Apabila computer kuantum dapat di wujudkan , computer ini tidak akan menggantikan PC biasa, tetapi di guanakan untuk memecahkan maslah-masalah yang tidak dapat di pecahkan komputer biasa dengan baik, seperti mechine learning, kecerdasan buatn, dan logistic . Masalah-masalah tersebut membutuhkan pemeriksaan kemungkinan-kemungkinan yang sangat banyak jumlahnya untuk menemukan jawaban terbaik.
Perkembangan teknologi dan informasi sangatlah pesat, dimana oang-orang berbondong-bondong untuk menggunakan kecanggihan dari teknologi yang ada, hampir 70 % dari mereka menggunakan teknoogi sekarang, sehingga dapat memudahkan mereka untuk melakukan segala aktivitas yang berbau sosial. Masa depan teknologi informasi akan digerakkan oleh dua kecenderungan berikut ini:
1.       Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan Pengurangan biaya secara berangsur dan meningkatkan kemampuan teknologi informasi.
2.       Menyatukan antara komputer dan komunikasi
3.       Keunggulan atas kemampuan-kemampuan baru, membuat manajer harus belajar untuk sistem informasi perusahaan ke dalam keputusannya.
4.       Seperti biasa menjelang akhir tahun, banyak orang akan mereka-reka tren yang akan terjadi di tahun mendatang. Sebut saja dalam ranah teknologi informasi (TI), ada banyak sekali tren yang akan lahir. Teknologi begitu cepatnya mengalami evolusi, begitu pun dengan inovasi yang makin menjamur.
5.       Pada tahun 2029, 11 petabyte storage yang dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari, akan tersedia seharga $100.
6.       Dalam 10 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.
7.        Pada tahun 2013, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte perbulan. Sekarang ini, jaringan di seluruh dunia mentrasnfer data lebih dari 9 exabyte per bulan.
8.        Pada akhir tahun 2010, akan terjadi perbandingan satu miliar transistor per orang – masing-masing transistor seharga sepersepuluh juta sen.
9.        Internet akan berevolusi menjadi sarana komunikasi instan, tanpa peduli jarak.
10.    Komputer kuantum komersial yang pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020.
11.     Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia.
12.    Pada tahun 2030, Kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia.
13.    9. Pada tahun 2050 (dengan mengasumsikan bahwa jumlah total populasi dunia adalah 9 miliar), kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak keseluruhan manusia di bumi.
14.     Hari ini, kita mengetahui 5% dari apa yang akan kita ketahui 50 tahun ke depan. Dengan kata lain, dalam 50 tahun, 95% dari apa yang akan kita ketahui, ditemukan di tahun-tahun sebelumnya Besar data di dunia akan meningkat enam kali lipat dalam dua tahun kedepan, sementara data perusahaan akan meningkat lima puluh kali lipat.
15.     Pada tahun 2015, Google akan mengindex sekitar 775 miliar halaman konten.
16.     Pada tahun 2015, kita akan menciptakan banyak hal yang sebanding dengan 92,5 juta Libraries of Congress dalam setahun
17.     Pada tahun 2020 di seluruh dunia, masing-masing orang rata-rata akan menyimpan data pribadi sebesar 130 terabyte (hari ini rata-rata sebesar 128 gigabyte).
18.    Pada tahun 2015, unduh film dan peer-to-peer file sharing akan melonjak sampai 100 exabyte, setara dengan 5 juta Libraries of Congress.
19.     Pada tahun 2015, komunikasi video akan jauh lebih marak, menghasilkan 400 exabyte trafik data atau setara dengan 20 juta Libraries of Congress.
20.    17. Pada tahun 2015, trafik yang dihasilkan oleh telepon, web, email, foto, dan musik akan meledak, dan mencapai 50 exabyte.
21.    18. Dalam dua tahun, informasi di internet akan berlipat ganda setiap 11 jam.
22.    19. Pada tahun 2010, 35 miliar perangkat akan terhubung ke internet (hampir enam perangkat per orang di dunia).
23.    20. Pada tahun 2020, akan ada lebih banyak perangkat yang online daripada manusianya.
24.    21. Dengan IPv6, akan ada cukup alamat IP bagi setiap bintang yang diketahui di seluruh alam semesta untuk masing-masing memiliki 4,8 triliun alamat IP.
25.    22. Pada tahun 2020, penerjemah bahasa universal akan menjadi hal yang umum di setiap perangkat.
26.    23. Dalam lima tahun ke depan, permukaan apa pun dapat dijadikan layar tampilan.
27.    24. Pada tahun 2025, teleportasi pada tingkat partikel akan mulai terealisasi.
28.    25. Pada tahun 2030, penanaman otak buatan sudah dapat dilaksanakan.
Luar biasanya, perkembangan teknologi informasi menimbulkan berbagai dampak positif bagi manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh manusia dengan teknologi informasi. Namun demikian, sehebat apapun teknologi informasi, ia hanyalah sebuah alat manusia. Pada akhirnya, apa yang dapat dihasilkan oleh teknologi informasi, dan sejauh apa ia bermanfaat bagi manusia, tergantung pada kebijaksanaan manusia itu sendiri. Seyogyanya, tentu saja, perkembangan teknologi informasi yang luar biasa itu dimanfaatkan untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia di jaman sekarang. Rita Khoirunnisa

Tidak ada komentar: