Kamis, 22 Desember 2011

STRATEGI AGAR BISNIS BISA BERTAHAN



    Sebuah bisnis tidak dapat bertahan lama di tengah persaingan,jika pelaku usahanya tidak memilaki daya kreatifitas dan inovasi dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan bisnis yang begitu dinamis menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru.kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang harus terpatri dalam diri seorang wirausaha sejati.

      Semua bisnis yang maju dan berkembang hingga kini berpangkal kepada upaya kreatif dan inovatif. Sebagai mana sama-sama kita lihat dalam porkembangan yang pesat dalam bisnis waralaba misalnya, banyak restoran waralaba asing yang telah melebarkan sayapnya secara mendunia dan berdiri sejan puluhan tahun lalu,selalu nununjukan karakter ini. Sepertinya begitu mudah dan sederhana.

      Kreatif dan inovatif dapat diimplementasikan secara sederehana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mengidentifikasi peluang dan kemampuan membaca pasar. Sering kali ide-ide cerdas yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. Gagasan-gagasan hebat sekalipun umumnya membutuhkan daya inovasi yang tinggi dari wirausaha.

     Dalam pengalaman TS bahwa penjualan dan pengefesiensian kinerja perusahaan sangat penting. Oleh karena itu maka TS memberikan step-step atau langkah untuk pemberian CS (Cust Satifaction). Dari sisi penjualan:
a.     Kepercayaan. Untuk membangun sebuah bisnis atau transaksi dengan orang atau lembaga maka harus di utamakan adalah kepercayaan.
b.     Tempat. Setelah mendapatkan kepercayaan dari pabrik atau perusahaan pemasok material untuk kita olah maka kita harus mencari sebuah tempat yang strategis dan sesuai dengan modal kita punya agar customer mudah menjangkau tempat kita.
c.      Promosi. Tempat dan kepercayaan telah kita miliki,sekarang adalah bagai mana melebarkan sayap perusahaan., cara umum adalah menggunakan promosi, atau servis, yang memuaskan bagi konsumen atau customer.Promosi bisa melalui kupon,vocer, bila customer sebuah lembaga atau perusahaan maka bagian purchasing perusahaan tersebut kita bisa memberikan ‘’pelayanan lebih’’.
d.     Uniq. Untuk bisa masuk mendobrak pasar maka diperlukan sesuatu yang fresh, sesuatu yang new atau unik.Agar dapat menarik mata konsumen untuk membeli produk kita.
e.     Kartel. Bagian ini adalah bagian yang paling saya sukai, anggap setelah 5-10 tahun kita mendapat 15% market share, maka kita dapat menarik perusahaan yang sama atau sejenis dengan perusahaan kita menggunakan sistem kartel yang selama ini kita dengar-dengar.Kita dapat mengambil contoh di indonesia,perusahaan telekomunikasi,dll.

buku management wirausaha,ais-zakiyudin

nama : ririn aurelasiwi M.P
NIM : 12119225
kelas : 12.1B.24

Tidak ada komentar: