Sebuah bisnis tidak dapat bertahan lama di tengah
persaingan,jika pelaku usahanya tidak memilaki daya kreatifitas dan inovasi
dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis yang tidak dilandasi upaya kreatif dan
inovatif dari sang wirausaha biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan
bisnis yang begitu dinamis menuntut wirausaha untuk selalu adaptif dan mencari
terobosan terbaru.kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang harus
terpatri dalam diri seorang wirausaha sejati.
Semua bisnis yang maju dan berkembang
hingga kini berpangkal kepada upaya kreatif dan inovatif. Sebagai mana
sama-sama kita lihat dalam porkembangan yang pesat dalam bisnis waralaba
misalnya, banyak restoran waralaba asing yang telah melebarkan sayapnya secara
mendunia dan berdiri sejan puluhan tahun lalu,selalu nununjukan karakter ini.
Sepertinya begitu mudah dan sederhana.
Kreatif dan inovatif dapat
diimplementasikan secara sederehana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mengidentifikasi
peluang dan kemampuan membaca pasar. Sering kali ide-ide cerdas yang memberikan
terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh
gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. Gagasan-gagasan hebat
sekalipun umumnya membutuhkan daya inovasi yang tinggi dari wirausaha.
Dalam pengalaman TS bahwa penjualan dan
pengefesiensian kinerja perusahaan sangat penting. Oleh karena itu maka TS
memberikan step-step atau langkah untuk pemberian CS (Cust Satifaction). Dari
sisi penjualan:
a. Kepercayaan. Untuk membangun sebuah
bisnis atau transaksi dengan orang atau lembaga maka harus di utamakan adalah
kepercayaan.
b. Tempat. Setelah mendapatkan
kepercayaan dari pabrik atau perusahaan pemasok material untuk kita olah maka
kita harus mencari sebuah tempat yang strategis dan sesuai dengan modal kita
punya agar customer mudah menjangkau tempat kita.
c. Promosi. Tempat dan kepercayaan telah
kita miliki,sekarang adalah bagai mana melebarkan sayap perusahaan., cara umum
adalah menggunakan promosi, atau servis, yang memuaskan bagi konsumen atau
customer.Promosi bisa melalui kupon,vocer, bila customer sebuah lembaga atau
perusahaan maka bagian purchasing perusahaan tersebut kita bisa memberikan
‘’pelayanan lebih’’.
d. Uniq. Untuk bisa masuk mendobrak pasar
maka diperlukan sesuatu yang fresh, sesuatu yang new atau unik.Agar dapat
menarik mata konsumen untuk membeli produk kita.
e. Kartel. Bagian ini adalah bagian yang
paling saya sukai, anggap setelah 5-10 tahun kita mendapat 15% market share,
maka kita dapat menarik perusahaan yang sama atau sejenis dengan perusahaan
kita menggunakan sistem kartel yang selama ini kita dengar-dengar.Kita dapat
mengambil contoh di indonesia,perusahaan telekomunikasi,dll.
buku management wirausaha,ais-zakiyudin
nama : ririn aurelasiwi M.P
NIM : 12119225
kelas : 12.1B.24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar