Senin, 30 April 2012

Mensikapi Kegagalan dalam Usaha

Gagal dalam usaha bagaikan keniscayaan,yang hampir pasti dialami oleh setiap pengusaha. kegagalan dapat menimpa dalam skala yang kecil,sedang atau dalam skala yang besar yang dapat berakibat fatal bahkan mematikan semua aktivitas usaha.Lebih dari itu kegagalan usaha juga dapat menyisakan hutang yang bertumpuk dalam jumlah yang sangat besar.

Cara menyikapi kegagalan dalam usaha yaitu: 
1.Tidak panik,tidak kalut,bersabar seperti dalam firman Allah ;"Hai orang-orang yang beriman,jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu"(QS 2:253) 
  • a.Tetap curhat dengan Allah,dan selalu berdo'a meminta petunjuk kepadanya. 
  • b.jelaskan secara terbuka kepada orang terdekat & keluarga,meminta dukungan kepada mereka c.jika anda kepala rumah tangga,pastikan keluarga anda pada posisi"terhormat" 
  • d.Yakini beban yang menimpa sanggup untuk ditanggung,sebagai mana dalam firman Allah:"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya"(QS 2:286) 
2.Hadapi kegagalan,jangan "lari"dan"jangan digeluti" 
3.Yang gagal adalah hanya<1%dari potensi keberhasilan anda 
4.Yakini ada jalan keluar,sebagai mana dalam firman Allah swt:"Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"(QS 94:) 
5.Orientasi mencari solusi tuntas,jangan gegabah,hindari menciptakan masalah baru.

Evaluasi diri,lakukan introspeksi &"sewot" analysis kegagalan adalah ujian untuk diambil pelajaran,sebagai mana firman Allah swt:"Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata:Tuhanku menghinakanku'(QS7:130)"Dan sesungguhnya Kami telah menghukum(Firman dan)kaumnya dengan(mendatangkan)musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan,supaya mereka mengambil pelajaran"Setelah mengambil pelajaran dan lulus dari ujian^_^Naik kelas,

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda,jangan berhenti,terus berusaha,perbaiki sikap mental:bekerja lebih bersungguh- sungguh,lebih serius,lebih keras.Pastikan kemampuan bertambah. Ketahuilah ketika anda berhasil nanti,keberhasilan adalah ujian yang lebih berat dari pada kegagalan.Lebih banyak orang yang tidak lulus dari ujian keberhasilan dari pada yang tidak lulus ujian dari ujian kegagalan.

Di setiap langkah berbisnis tidak semuanya berjalan mulus.pasti saja kita menemui rintangan dan tantangan.Jika kita bisa menyikapi kegagalan yang ada,kesuksesan pun pasti sudah di depan mata.Kegagalan hanyalah bagian dari kesuksesan.Dari kegagalan yang ditemui pastilah banyak pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga.

Ada 3 cara menyikapi kegagalan,Adam Khoo mengatakan bahwa yang membedakan mereka yang sukses dengan mereka yang tidak mendapatk an apa yang meareka inginkan adalah bagaimana mereka menyikapi kegagalan.Maksudnya adalah apa yang mereka lakukan jika mereka menemukan kegagalan.

Berikut 3 cara atau pola bagaimana kita menyikapi kegagalan:
1:Berkilah,menyalahkan orang lain dan menyerah. Mereka akan memulai mencari pembenaran untuk dirinya sendiri dan menyalahkan segala sesuatu dan siapa saja di sekitar mereka Mereka tidak berdaya dan frustasi,mereka akan berhenti bertindak dan menyerah.Mereka mengundurkan diri dari tujuan yang menjadi semakin jauh dan hidup serba dalam kekurangan."Saya sudah mencobanya sebelumnya dan tidak pernah berhasil!!!

 2:Terus mengulangi tindakan yang sama. Jika mereka tidak mencapai tujuannya,mereka tidak akan berhenti.Mereka akan bertindak lagi.Semboyan dikelompok ini :Saya gagal karena saya tidak berusaha dengan keras"atau"jika saya mencoba lagi,saya akan sukses".Jika mereka menetapkan tujuan yang kecil dan berjangka pendek,mereka mungkin bisa berhasil.Namun jika mereka menetapkan tujuan yang besar dan luar biasa,mereka tidak akan sukses hanya dengan mencoba dan mencoba lagi.Karena,meskipun mereka terus mengulangi tindakan yang sama,mereka tidak mengubah strateginya.Jika kita terus bertindak dengan pendekatan yang sama,kita akan mendapatkan hasil yang sama saja.

3:Jadikan umpan balik,ubah strategi,dan lakukan tindakan sampai sukses. Pada waktu mereka tidak mencapai tujuan mereka,mereka tidak memikirkan sebagai sebuah kegagalan.Sebaliknya mereka memikirkannya sebagai sebuah umpan balik.umpan balik tersebut dapat berupa strategi yang yang mereka gunakan tidak efektif,atau meareka kurang melakukan tindakan.Mereka kemudian menggunakan umpan balik tersebut untuk dengan cepat mengubah strategi dan bertindak lagi.

Mereka terus mengulangi pola ini sampai mendapatkan yang mereka inginkan .Thomas Alfa Edison memerlukan hampir 10.000 kali percoba an sebelum menemukan bola lampu.Ia terlebih dahulu harus menemukan 9.999 strategi untuk tidak menemukan bola lampu. Jadi kita harus rumuskan tujuan atau apa yang kita inginkan secara spesifik,kembangkan sebuah strategi,lakukan tindakan,jadikan kegagalan sebagai umpan balik dan ubah strategi tersebut sampai kita sukses! Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda,maka jika tak ingin terus tertunda berdo'alah,berusaha dengan maksimal,tawakal dan carilah penyebabnya agar kita dapat mengambil pelajaran darinya.Kegagalan hari ini bukanlah berarti akan gagal esok hari,kegagalan hari ini bukan akhir dari perjuangan diri dan kegagalan hari ini akan memicu semangat agar lebih berhati-hati melangkah dalam menghadapi hidup agar tak terulang lagi.Kegagalan bukanlah sebuah kehancuran,tetapi sebagai batu loncatan untuk keberhasilan.Kegagalan melakukan usaha masih lebih baik dari pada tidak pernah gagalkarena tak pernah berusaha.Jangan terus menerus meratapi kegagalan,segera bangkit dan menerima dengan lapang dada karena yakin pasti ada hikmahnya. Memang kegagalan itu menyakitkan hati.Apalagi jika sudah dirumuskan dengan matang sejak jauh hari.Tapi kita hanya manusia yang tanpa daya jika Allah tak menghendakinya.Supaya timbul semangat lagi jika pernah mengalami kegagalan langkah berikut ini semoga bisa membesarkan hati;
1.Yakin bahwa Allah menguji daya tahan kita dengan berbagai cobaan agar menjadi muslim yang tangguh dalam menghadapi kehidupan.
2.Yakin bahwa Allah mempunyai rencana yang lebih baik dari pada apa yang kita rencanakan.Dia tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya."Boleh kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu,dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu,Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui."(QS.Al-Baqarah:216) Dengan kegagalan mungkin Allah bermaksud mengingatkan agar kita tidak lalai dengan perintah-Nya dan agar kita meningkatkan amal sholeh.
3.Sadar bahwa segala usaha ada akibat atau resiko yakni berhasil atau gagal.Namun harus yakin bahwa Allah Maha Adil tak mungkin Dia membiarkan hamba-Nya yang sudah berusaha dengan sungguh-sungguh dan bertawakal kepada-Nya. 4.Jika kegagalan menghadang tetap jaga hati untuk bersabar dan jika keberhasilan menyapa tetap jaga hati untuk bersyukur dan tidak menyombongkan diri. 5.Sadar bahwa bukan hanya kita saja yang pernah mengalami kegagalan.Dan tanamkan dalam diri bahwa kegagalan dan keberhasilan adalah hal yang wajar dalam setiap perjuangan. 6.Hanya orang yang pernah mengalami kegagalan yang bisa menikmati kesuksesan.Kita dapat merasakan nikmatnya sukses jika kita pernah merasakan pedihnya kegagalan.Dengan adanya kegagalan kita dapat menikmati kesuksesan dengan rendah hati karena menyadari segalanya atas karunia Illahi. Kegagalan adalah lawan kata dari kesuksesan,sempat mendengar beberapa orang yang terjun dalam bisnis MLM,dalam seminar tersebut beliau menceritakan bagaimana awalnya begitu susah untuk mengajak orang bergabung dan membeli produk MLM yang beliau ikuti,tetapi toh beliau gak mau menyerah,karena beliau mempunyai cita-cita dan keinginan yang kuat,tidak terpatahkan oleh orang-orang yang pesimis terhadap cita-cita beliau itu.Beliau yakin dan beliau pegang keyakinan itu,dan akhirnya beliau menjadi besar karena MLM tersebut,bahkan sekarang beliau sudah menikmati pasif income dari situ. Cara mengatasi kegagalan dalam bisnis yang harus kita lakukan adalah:
a.Mengingat-ingat
b.Bertanya langsung pada ahlinya dan minta saran
c.Kerjakan jangan hanya dipikirkan
d.Berdo'a Kegagalan juga merupakan sebuah situasi dimana kita tak dapat mewujudkan target.Kita semua juga pasti pernah mengalami kegagalan,tak peduli berapapun usia, sebesar apapun kekayaan dan ilmunya,bagaimanapun kuatnya,dan lain sebagainya.

Namun sesungguhnya kegagalan adalah pilar kesuksesan.Jadi jangan pernah takut gagal,namun belajar dan melakukan langkah-langkah yang lebih baik.Selama ini kita mungkin memandang kegagalan sebagai fenomena yang buruk,sehingga kita ragu-ragu atau mundur karena takut mencoba meraih target yang lebih besar.Semua itu dikarenakan kita masih memiliki pemahaman yang rendah dalam menilai kegagalan.

Kini saatnya kita harus mengetahui bagaimana menghadapi kegagalan,sebab sikap kita dalam menghadapinya akan sangat menentukantingkat kesuksesan.Orang-orang yang sukses dan berprestasi di dunia pernah gagal mungkin puluhan kali lebih sering dibandingkan kita.Mereka berhasil karena terus belajar dan mampu selalu bangkit dari kegagalan.Sehingga kegagalan itu membuat mereka lebih berpengalaman.Pengalaman itu membuat mereka mendapatkan kebijaksanaan,ilmu,karakter sekaligus kekuatan.Menyikapi kegagalan,,,,,kegagalan memang menjadi bagian hidup kita yang pahit,tetepi bukan berarti menutup segala kemungkinan keadaan menjadi lebih baik di kemudian hari nanti.Pahamilah bahwa kegagalan hanyalah saat kita belum sukses.Oleh sebab itu segera bangun percaya diri dan keberanian lagi untuk mencoba hal baru atau segera keluar dari zona nyaman.Kemudian mulailah berusaha mencoba mencapai target-target kecil dulu.Jika ada kemajuan,barulah target dapat dikembangkan.Jangan menganggap kegagalan itu sesuatu yang memalukan,namun jadikan semangat untuk mencoba sekali lagi walau hasilnya pun belum pasti.Jika kita terus mencoba,maka suatu saat kita akan menemukan cara terbaik dan tepat untuk mencapai target.Pasti anda pernah mendengar tentang perjuangan Thomas Alfa Edison sebelum menemukan bola lampu pijar.Ia mencoba ribuan cara agar tecipta hasil yang sempurna,tetapi ia selalu gagal.Namun kegagalan ribuan kali membuatnya menemukan 1 cara untuk menciptakan karya yang luar biasa dan hasilnya sekarang kita nikmati kehidupan malam yang terang benderang.juga bukan berarti anda tidak cakap,namun pertanda anda memiliki keyakinan yang kuat.Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa proses menuju sukses memakan waktu,tenaga ,pikiran,modal,pengorbanan dan lain sebagainya. Pada awal usaha berdagang misalnya,mungkin kita tidak mendapatkan keuntungan yang diharapkan,tetapi jika anda yakin dengan target,lalu terus mencoba mempromosikan sambil memperbaiki kualitas produk dan pelayanan,tentu suatu saat anda mencapai target yang anda inginkan. Salah Tafsir,,,,Kegagalan begitu sering di salah tafsirkan bahwa kita sudah kehilangan segalanya dan tidak lagi memiliki sesuatu yang cukup berharga.Padahal dari proses jatuh bangun karena menghadapi kegagalan itu sebenarnya kita mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman penting.Bukankah untuk meraih kesuksesan kita memerlukan ilmu dan pengalaman?Semakin banyak pengalaman gagal,seharusnya semakin tinggi pula kemampuan dan kepintaran kita mengelola sumberdaya yang ada didalam diri kita maupun didalam lingkungan untuk mencapai target dan keseimbangan hidup.Kegagalan adalah pelajaran agar kita lebih bersyukur atas kehidupan yang kita miliki hari ini.Sebab kita tidak akan pernah dapat mengubah masa lalu,juga tak akan dapat menentukan masa depan secara pasti.Jika kegagalan masih dapat membuat kita bersyukur msih mempunyai hari ini,maka kita akan memiliki kekuatan luar biasa untuk memulai langkah baru dengan penuh semangat.Berpuluh tahun kita mengarungi hidup dan menggenggam dunia yang kita miliki sekarang ini membuat saya berkesimpulan bahwa mundur kebelakang karena takut gagal itulah kegagalan yang sesungguhnya.Jika kita terus mencobadan tidak takut gagal,maka kegagalan itu justru akan menjadi pupuk yang menjadikan tanah lebih subur untuk menyemai benik modal dan usaha.Sehingga memungkinkan kita memanen keberhasilan dengan kualitas lebih baik dan seimbang komposisinya dalam segala aspek kehidupan.Jadi berusahalah selalu memaknai kegagalan sebagai sesuatu yang positif dan penting.Sebab dengan begitu anda akan mampu mencapai target lebih tinggi justru karena kegagalan-kegagalan yang sudah anda ciptakan. Faktor-faktor penyebab kegagalan dalam usaha Agar kita selamat dalam meniti tangga menuju kesuksesan atau terlepas dari jebakan kegagalan,penting bagi kita mengetahui apa saja yang menyebabkan kegagalan dalam usaha bisnis,yaitu: 

a.Tidak tahu apa yang diinginkan/tidak tahu tujuan yang tepat Dalam bisnis tentu ada target-target tertentu yang harus dicapai dalam usahanya.Dengan tujuan yang pasti maka bisa dievaluasi letak kekurangan dan kelemahan selama operasional bisnis tertentu. 

b.Kurang memiliki kemampuan manajemen Tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola usaha merupakan faktor penyebab kegagalan.Wirausaha yang mudah menyerah,setengah-setengah dalam berusaha,tidak sistematis dalam membuat perencanaan terburu-buru dan kurang perhitungan dalam mengambil keputusan. 

c.Kurang memiliki kemampuan tehnik wirausaha harus mapu mengoprasikan peralatan yang dimiliki secara efektif dan efisien,peralatan yang dimiliki harus selalu diawasi.Kurangnya pengalaman dalam menghadapi kegagalan dan keberhasilan dapat membuat usaha yang baru dijalankan mudah goyah diterjang persaingan. 

d.Kurang memiliki kemampuan finansial Permodalan yang semu,penggunaan keuangan yang tidak terpisah antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan pribadi menjadi awal kegagalan usaha.Wirausaha yang tidak mempunyai data keuangan yang baik antara pendapatan rutin bulanan,penjualan dan penggunaan bahan baku akan menyebabkan penyimpangan keuangan tanpa diketahui oleh wirausaha. 

e.Kurang memiliki kemampuan pemasaran Pemasaran yang diterapkan secara tradisional tidak mempunyai rencana pemasaran,rencana usaha atau bisnis plan,rencana usahanya tidak dapat dijadwalkan dan dipacu untuk dicapai akan rentan terhadap perebutan pelangganan oleh pesaing. Referensi:
(FIFI NAFISAH/12120826/12.1A.14)

1 komentar:

Oke Deh !!! mengatakan...

orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak pernah mencoba,,,dan orang yang tidak pernah mencoba adalah orang yang tidak pernah sukses,,,,