Jumat, 24 Januari 2014

Bagaimana Manajer Mengambil Keputusan

Seorang manajer mengambil keputusan untuk memecahkan masalah, pemecaha n masalah di peroleh melalui tahapan-tahapan dasar dan menggunakan kerangka berpikir yang umum sebagaimana berlaku di banyak perusahaan.

1.Pengertian Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan (desicion making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusn alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik
 Ø  Menggambarkan delapan langkah dalam proses pembuatan keputusan
Langkah 1: mengidentifikasi suatu masalah
Langkah 2: mengidentifikasi kriteria keputusan
Langkah  3: mengalokasikan bobot pada kriteria
Langkah  4: mengembangkan alternatif
Langkah 5 : menganalisis alternatif
Langkah  6 : memilih sebuah alternatif
Langkah 7  : mengimplementasikan alternatif
Langkah 8 : mengevaluasi efektivitas keputusan
Secara umum, pengertian pengambilan keputusan telah dikemukakan oleh banyak ahli, diantaranya adalah :
 Ø  Claude S. Goerge, Jr : Mengatakan proses pengambilan keputusan itu dikerjakan oleh kebanyakan manajer berupa suatu kesadaran, kegiatan pemikiran yang termasuk pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif.

 Ø  Horold dan Cyril ODonnell : Mereka mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara alternatif mengenai suatu cara bertindak yaitu inti dari perencanaan, suatu rencana tidak dapat dikatakan tidak ada jika tidak ada keputusan, suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk atau reputasi yang telah dibuat.

3. Teknik Pengambilan Keputusan

1.Operational Research/Riset Operasi ; Penggunaan metode saintifik dalam analisa dan     pemecahan persoalan.
2.Linier Programming ; Riset dengan rumus matematis. Teori Pengambilan Keputusan
   3.Gaming War Game ; Teori penentuan strategi.
4.Probability ; Teori kemungkinan yang diterapkan pada kalkulasi rasional atas hal-hal tidak normal.

Ø  Proses pengambilan keputusan

Proses pengambilan keputusan memiliki berapa tahap:
Tahap 1 : Pemahaman dan Perumusan Masalah
Tahap 2 : Pengumpulan dan Analisis Data yang Relevan
Tahap 3 : Pegembangan Alternatif-Alternatif
Tahap 4 : Evaluasi Alternatif-Alternatif
Tahap 5 : Pemilihan Alternatif Terbaik.
Tahap 6: Implementasi Keputusan .
Tahap 7: Evaluasi Hasil-Hasil.

  Ø  Jenis – jenis keputusan

Herbert A.simon menemukan metode untuk mengklasifikasikan keputusan, yaitu keputusan terprogram (programmed decision) yang bersifat pengulangan, rutin dan sudah ada prosedur baku dan dalam menanganinya.
Dan keputusan yang tidak terprogram ( non programmed decision) yang bersifat baru, tidak terstruktur dan penuh konsekuensi serta tidak terdapat metode pasti untuk menangani masalah seperti ini karena masalah ini belum pernah muncul.

 Ø  Masalah terstruktur dan tidak terstruktur

Masalah terstruktur ( structured problem) adalah masalah yang dapat di pahami oleh orang yang memecahkan masalah , sedangkan masalah yang tidak terstruktur (unstructured problem) adalah masalah yang tidak memiliki elemen atau hubungan antar elemen yang di pahami oleh yang memecahkan masalah.
Sesungguhnya, kebangyakan masalah adalah permasalahan dimana manajer memiliki pemahaman yang kurang sempurna akan berbagai elemen dan hubungan di antaranya.
Masalah semi terstruktur (semisrtuctured problem) adalah masalah yang terdiri atas beberapa elemen atau hubungan yang di pahami oleh si pemecah masalah dan beberapa yang tidak dipahami.

 Ø  Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan manajemen
-          Rumuskan persoalan keputusan :  Persoalan (problem) adalah sesuatu yang terjadi tidak sesuai dengan yang diinginkan/ diharapkan.
-          Kumpulkan informasi yang relevan : Memecahkan persoalan berarti suatu keputusan atau tindakan untuk menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya persoalan tersebut. Perlu dikumpulkan data atau informasi yang relevan artinya faktor-faktor yang mungkin terjadi penyebab timbulnya persoalan tersebut.
-          Cari alternatif tindakan : Memutuskan berati memilih salah satu dari beberapa alternatif tindakan yang tersedia berdasarkan kriteria tertentu.
-          Analisis alternatif yang fisibel : Setiap alternatif harus dianalisis, harus dievaluasi baik berdasarkan suatu kriteria tertentu atau prioritas.
-          Memilih alternatif terbaik : Di dalam pengambilan keputusan, pengambil keputusan harus memilih salah satu alternatif di antara banyak alternatif.

-          Laksanakan keputusan dan evaluasi hasilnya : Pengambilan keputusan berarti mengambil tindakan tertentu (taking certain action). AYU DIAH SARASWATI

Tidak ada komentar: