Kamis, 22 Desember 2011

MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA


Strategi Bersaing untuk Para Pemimpin Pasar
Struktur pasar hipotesis terdiri dari : pemimpin pasar (market leader); penantang pasar
(market challenger); pengikut pasar (market follower); dan pengisi relung pasar (maket nichers).
Untuk dapat bertahan sebagai nomor satu, perusahaan dituntut untuk melakukan
tindakan di tiga bidang.
1.     perusahaan tersebut harus mencari cara untuk memperbesar permintaan pasar secara keseluruhan.
2.     perusahaaan tersebut harus melindungi pangsa pasarnya sekarang melalui tindakan defensive dan ofensif yang tepat.
3.     perusahaan tersebut harus berusaha meningkatkan pangsa pasarnya lebih jauh, walaupun ukuran pasarnya tetap sama.
Memperluas Pasar Keseluruhan
- Pelanggan baru
- Lebih banyak penggunaan
Mempertahankan Pangsa Pasar
Tipe Strategi Pertahanan terdiri dari : Posisi Pertahanan ; sayap, mendahului; serangan balik; bergerak; mundur
Enam strategi pertahanan yaitu :
·        Pertahanan posisi;
·        pertahanan rusuk;
·        pertahanan mendahului;
·        pertahanan serangan balik;
·        pertahanan bergerak,
·        pertahanan mundur
Strategi Bersaing Lainnya
Strategi penatang pasar
Mendefinisikan Tujuan dan Lawan Strategis
·        Menyerang pemimpin pasar
·        Menyerang perusahaan seukuran yang tidak bekerja dengan baik dan yang
·        Mendefinisikan Tujuan dan Lawan Strategis
·        Menyerang pemimpin pasar
·        Menyerang perusahaan seukuran yang tidak bekerja dengan baik dan yangkekurangan dana
·        Menyerang perusahaan kecil local dan regional
(SUHARNI/12114656/12.1B.24)


Tidak ada komentar: