Kamis, 22 Desember 2011

Membangun Bisnis dari nol


Dunia bisnis semakin berkembang dengan pesat karena kebutuhan yang juga meningkat. Banyak yang lebih memilih berbisnis daripada harus dengan penghasilan upah atau menggantungkan gaji bulanan. Sehingga, tingkat persainganpun meningkat dan hanya orang yang kuat dan punya kreativitas sajalah yang akan mampu bersaing dengan para pebisnis lainnya.
Bila Anda ingin membangun bisnis, berarti sama halnya Anda akan menjadi seorang pemimpin/wirausahawan, maka Anda perlu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap mental. Faktor-faktor yang perlu Anda pertimbangkan antara lain: lokasi pasar, lokasi sumber bahan baku, alat angkutan, sumber energi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Anda juga memiliki organisasi yang kuat, administrasi, manajemen,leadershippengambilan keputusan, dan komunikasi.
Dapat saja Anda terjun dalam bisnis yang salah, karenanya jangan cepat ganti usaha. Namun, jangan pula begitu bertahan, mengapaCoba adakalanya Anda belajar dari jerapah dan tupai. Dengan menggunakan jurus jerapah, Anda harus mempunya SDM yang berkualitas agar Anda siap bersaing dipercaturan bisnis. Dengan menggunakan jurus tupai, yaitu Anda siap merintisbisnis sederhana meski dana dukung langsung yang dibutuhkan sangatlah besar.             
Mambangun Bisnis
Beberapa tips membangun bisnis dari nol ini bisa Anda gunakan:
  • Akuilah bahwa kegagalan Anda dalam berbisnis membawa pada kesuksesan yang tertunda. Mengerti bahwa kesalahan semata-mata memberikan informasi yang diperlukan untuk belajarsehingga berhasil dalam membangun bisnis.
  • Hidup pada masa sekarang dan sekarang inilah saatnya! Kembangkan kemampuan Anda untuk memusatkan perhatian pada masa sekarang setiap waktu, setiap tugasbernilai.
  • Tegaskan komitmen Anda. Ikuti misi Anda tanpa ragu-ragu, tetap pada relnya. Lakukan apa saja untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai bagian dari tujuan bisnis.
  • Jadilah pemilik yang bertanggungjawab. Jadilah seseorang yang dapat diandalkan, seseorang yang bertanggungjawab.
  • Tetap fleksibelPertahankan kemampuan untuk mengubah yang sedang Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Menuju Keberhasilan Bisnis
Membangun bisnis dari awal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Berbeda dengen orang yang melanjutkan bisnis orang tua atau bekerja sebagai businessman di kantor-kantor.
Dibutuhkan motivasi pribadi yang ulet dan tangguh untuk memulai bisnis dari nol. Untuk itu, Anda bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses dan Anda juga akan menuju berhasil, baik secara pribadi maupun professional bila Anda:
  • Bersikap jujur dalam komunikasi sesama pebisnis maupun dengan customer.
  • Berbicaralah dengan niat baik.
  • Selalu menepati janji dan amanah.
  • Berkeinginan untuk berbagi dan mendukung sehingga setiap orang untuk berhasil.
  • Bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang berlimpah.
  • Tinggalkan hal yang tidak berhasil.
  • Akuilah prestasi orang lain.
Keuntungan yang Anda dapat dari memulai bisnis dari nol adalah bahwa Anda akan mempunyai pondasi bisnis yang kuat. Keuntungan lain yang didapat dari memulai bisnis dari nol ini adalah Anda juga mempunyai kesatuan lini manajemenbisnis yang lebih kuat, lingkungan yang berlimpah dengan didukung resources yang memadai, dan pelanggan akan merasa puas dan terpenuhi keinginannya.






Nama  : Albertus Hendro B.
NIM     : 18110166
Kelas  : 12.1B.24



Tidak ada komentar: