Kamis, 15 Desember 2011

Manfaat Neraca Lajur

Neraca lajur adalah suatu kertas yang berkolom-kolom atau berlajur-lajur yang direncanakan secara khusus untuk menghimpun semua data-data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara sistematis.
Neraca lajur merupakan suatu landasan untuk memeriksa dimana rekening buku besar disesuaikan, diseimbangkan dan disusun menurut cara yang sesuai dengan penyusunan rekening dalam laporan keuangan. Pemakaian neraca lajur juga dapat menunjukkan prosedur yang perlu dilakukan untuk menyusun laporan keuangan telah dilaksanakan seluruhnya.pemakaian neraca lajur sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan, dan manfaat di buatnya neraca lajur adalah :
1.Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
2.Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data data penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal
3.Untuk memudahkan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam pembuatan jurnal penyesuaian.
4.untuk memeriksa data-data(rekening dan jumlah saldo)yang akan di sajikan dalam laporan keuangan
5.dapat menunjukan bahwa prosedur-prosedur yang perlu di lakukan untuk menyusun laporan keuangan telah di laksanakan
6.sebagai alat untuk mengkoordinasikan dan mengorganisasikan semua tahap pemeriksaan
7.sebagai bukti bahwa pemeriksaan di laksanakan sesuai dengan norma pemeriksaan yang berlaku
8.sebagai pedoman dalam melaksanakan pemeriksaan yang akan datang
9.sebagai pendukung utama atas laporan pemeriksaan akutan. Hal ini di tunjukan bahwa pengujian yang telah di laksanakan sesuai dengan standar pelaksanaan dan secara implisit merupakan referensi laporannya yang sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan.(Ulfa Fadillah/12114398/12.1B.14)

Tidak ada komentar: