Senin, 12 Desember 2011

Stategi Agar Bisnis Bisa Bertahan

Strategi Agar Bisnis Bisa Bertahan


Jika Anda baru saja memulai sebuah bisnis, terutama bisnis skala kecil dan menengah (usaha rumahan), maka operasional bisnis Anda pada tahun pertama perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini karena menurut penelitian sebuah peluang usaha rumahan ataupun bisnis perseoarangan biasanya hanya mampu bertahan di tahun pertama saja.

Kalaupun bisa bertahan ditahun pertama, maka ditahun kedua biasanya usaha dengan skala rumahan ini sudah mulai terseok-seok. Tapi jika Anda beruntung, maka bisnis Anda akan bisa bertahan hingga tahun yang ketiga atau tahun kelima.

Kenapa peluang usaha rumahan ini kecenderungannya gagal pada tahap-tahap awal? Jawaban untuk hal ini biasanya cukup beragam. Mulai dari modal yang sedikit, kurangnya pengalaman, memiliki kondisi keuangan yang tidak bagus, kesalahan dalam pengelolaan (manajemen), tidak memiliki cukup banyak relasi, dsb.

Maka supaya bisnis Anda bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah rencana bisnis Anda sendiri. Tapi dalam menyusun perencanaan bisnis ini juga perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak membuat perencanaan yang justru bisa membuat Anda takut untuk menjalankannya.

Juga terkadang perencanaan bisnis yang kita buat justru membuat langkah dan aktifitas kita terlihat jadi kaku karena harus mengikuti rencana-rencana yang sudah kita buat sebelumnya. Menurut salah satu media bisins terkemuka ditanah air, perencanaan bisnis jangan sampai menjadi penghalang tetapi jadikan ia sebagai arah Anda dalam mengoperasikan bisnis.

Faktor lain yang harus menjadi perhatian utama adalah modal usaha Anda. Anda mesti berhati-hati mengelola modal usaha ini dan jangan sampai menggunakannya untuk membiayai hal-hal yang diluar dari rencana semula, terutama pada biaya-biaya operasional yang tidak ada dalam perhitungan rencana bisnis Anda.

Beberapa Faktor Lainnya Dapat Anda Lihat Berikut Ini:
1. Usahakan untuk memiliki keuntungan (laba) dalam bentuk tunai dan bukan dalam bentuk piutang.
2. Lakukan penghematan dengan menghindari biaya-biaya yang tidak begitu penting, mendapatkan discoun dari supplier, dll.
3. Perhatikan kepuasan pelanggan Anda dengan memberikan mutu produk dan layanan yang baik.
4. Pasang iklan dan lakukan promosi. Hal ini mutlak diperlukan agar supaya orang lain tahu akan keberadaan produk/jasa Anda.
5. Manfaatkan koneksi dengan cara mengenali orang-orang yang berada pada posisi kunci.

Demikian beberapa faktor yang sebaiknya mulai diperhatikan saat baru memulai sebuah bisnis, termasuk untuk peluang usaha rumahan. Hal ini diperlukan jika Anda ingin bisnis Anda bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama, syukur-syukur kalau bisa bertahan selamanya.

Rahmat Sunardi / 12119746 / 12.1F.24

Tidak ada komentar: