Sabtu, 17 Desember 2011

AKUNTANSI untuk Perusahaan Manufaktur


Perusahaan manufaktur lebih besar,lebih-lebih bila proses produksinya lebih kompleks,bisanya menggunakan sistem akutansi yang didasarkan pada persediaan perpetual. Sistem akutansi untuk operasi manufaktur yang didasarkan pada persediaan perpetual disebut sistem akutansi biaya (cost accounting system). Sistem ini dapat menghasilkan informasi tentang harga pokok produksi per unit dan lebih efektif dalam membantu manajemen dalam pengawasan biaya.
Perbedaan yang terdapat dalam akuntansi untuk perusahaan manufaktur dengan perusahaan dagang, disebabakan oleh adanya perbedaan dalam sifat operasinya. Ciri pokok operasi perusahaan dagang adalah menjual barang dagang tanpa mengelola lebih dahulu barang yang dibelinya. Operasi perusahaan manufaktur tidak sederhana perusahaan dagang, karena perusahaan manufaktur membuat sendiri barang yang akan dijualnya.
 
ELEMEN-ELEMEN BIAYA PRODUKSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Bahan Langsung
Bahan yang digunakan dan menjadi bagian dari produk jadi disebut bahan langsung. Oleh karena itu bahan langsung secara fisik akan menjadi bagian produks jadi, maka biaya bahan langsung mudah ditelusuri ke tiap unit barang yang dihasilkan atau ke suatu tahapan produksi. Selain itu ada bahan tak langsung, bahan tak langsung dalam proses produksi, tetapi tidak menjadi bagian produks jadi. Oleh karena itu, biaya bahan tak langsung menjadi sukar untuk ditelusuri ke unit barang tertentu.
Tenaga Kerja Langsung
Tenaga kerja yang terlibat langsung dalam proses mengubah bahan menjadi produk jadi disebut tenaga kerja langsung. Biaya tenaga kerja langsung bisa dengan mudah dihubungkan atau dibebankan pada satuan hasil atau proses tertentu.tenaga kerja tak langsung digunakan dalam proses produksi tetapi tidak bisa dihubungkan atau diterapkan.
Overhead Pabrik
Dalam biaya overhead pabrik tidak termasuk biaya penjualan dan biaya administrasi. Segala jenis biaya produksi tak langsung dicatat dalam berbagai rekening overhead pabrik yang jumlah maupun namanya bisa berbeda-beda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya.
REKENING-REKENING DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Rekening dalam buku besar perusahaan manufaktur biasanya lebih banyak bila dibandingkan dengan buku besar sebuah perusahaan dagang.
Dibawah ini beberapa rekening yang khusus dijumpai dalm perusahaan manufaktur:
1. Rekening Pembelian Bahan Baku
2. Rekening Ikhtisar Biaya Produksi
3. Rekening Persediaan Bahan Baku
4. Rekening Persediaan Barang dalam Proses
5. Rekening Persediaan Barang Jadi
LAPORAN RUGI-LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Laporan ini hampir mirip dengan perusahaan dagang. Keduanya melaporkan pendapatan, biaya penjualan dan biaya umum & administrasi. Namun pada bagian harga pokok penjualan nampak perbedaan menonjol. (Ayulia Kartikasari R/18111962/12.1C.24)

Tidak ada komentar: