Selasa, 20 Desember 2011

Siklus Sistem Secara Umum

Daur Hidup / siklus sistem secara umum (General System Life Cycle) merupakan langkah-langkah utama yang terjadi pada semua sistem, baik sistem sosial, fisikal, biologis ataupun sistem lainnya. Langkah  yang terjadi tersebut secara umum mempunyai kemiripan, contoh langkah tersebut dibagi dalam 4 langkah, yaitu sebagai berikut:

 Development / Pengembangan
Langkah ini merupakan langkah kemunculan/terciptanya sebuah sistem, pada langkah ini sistem baru tersebut mulai diperkenalkan oleh lingkungan dan lingkungan mulai memeriksa berbagai kekurangan dan kelebihannya untuk disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan disekitar sistem tersebut

Growth / Pertumbuhan
Pada langkah ini dimana sistem tersebut mulai berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, agar dapat berguna bagi lingkungan disekitarnya. Pada langkah ini timbul berbagai halangan dari sistem yang sudah terkenal lebih dahulu karena merasa tersaingi. Langkah ini merupakan langkah yang sangat sulit dan berat bagi sistem yang masih terlampau baru.

Maturity / Kematangan
Pada langkah ini sistem tersebut berada pada puncak kejayaannya, pada langkah ini sistem tersebut sangat berguna bagi lingkungan sekitar. Kelebihannya sangat terlihat  dan dapat dimanfaatkan oleh lingkungan, sehingga mampu menutupi kekurangan yang dimilikinya, pada langkah ini hambatan dari sistem yang sudah terkenal lebih awal sudah tidak begitu terasa lagi, karena sistem yang lebih dulu sudah mengalami masa kemunduran atau kehancuran.

Deterioration / Kemunduran
Pada langkah ini sistem sudah tidak mendatangkan banyak manfaat lagi bagi lingkungan, sehingga sudah mulai ditinggalkan. penyebabnya bisa saja karena telah muncul sistem yang lebih kompleks, yang lebih efektif dan efisien bagi lingkungan, atau sistem yang lama sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan lingkungan yang juga selalu berkembang dengan pesatnya. (Pahala Hayu Akbar/12106965/12.3A.24)

Tidak ada komentar: