Jumat, 16 Desember 2011

MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA

Dalam setiap bisnis, kita tidak akan lepas dari persaingan. Apalagi jika bisnis kita sukses, tentu pesaing-pesaing baru akan mengikuti kesuksesan kita.Strategi yang biasa digunakan para pebisnis dalam menghadapi persaingan adalah perang harga.

Menghadapi persaingan membutuhkan energi, waktu dan biaya. Karena itu, sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kita menetapkan siapa pesaing kita saat ini. Jangan sampai salah dalam menetapkan pesaing.Siapa pesaing kita akan menentukan bagaimana cara menghadapinya.

Jika selama ini bisnis kita sudah jalan dan kita yakin bisnis atau produk kita memiliki keunggulan. Buktinya ada yang beli, kan ? Menghadapi sengitnya persaingan, kita harus focus pada keunggulan bisnis atau produk yang kita jual.Jika misalnya keunggulan bisnis kita terletak pada kualitas produk,maka kita harus pertahankan kualitas tersebut. Lebih baik lagi tingkatkan kualitas produk kita.Dan dalam setiap promosi, tonjolkan saja keunggulan produk kita tadi. Contoh lagi,kalau keunggulan kita terletak pada kecepatan pelayanan,maka keunggulan inilah yang harus kita pertahankan dan tingkatkan.

Kita harus tahu kelemahan pesaing kita saat ini.Jika sudah tahu,mengapa kita tidak menggunakan kelemahan pesaing kita untuk kesuksesan bisnis kita sendiri.Sediakan untuk customer kita apa yang tidak disediakan pesaing. Berikan customer kita apa yang tidak diberikan pesaing.

Belajar Dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik.kita bisa belajar dari pengalaman kita sebelumnya,atau belajar dari pengalaman orang lain dalam menghadapi persaingan. Menghadapi persaingan tidak melulu urusan strategi bertindak,tapi juga bagaimana sikap dan mental.Tidak ada salahnya kita belajar kepada mereka yang berpengalaman.

Persaingan kadang tidak selalu harus kita hadapi.Ada kalanya dalam kondisi tertentu,kita harus mundur dari persaingan.mundur dari persaingan bukan berarti menutup bisnis.mundur persaingan bisa berarti mencari pasar baru, membuat produk baru, inovasi, dll

kalau cara paling akhir dan harus di lakukan. Bagaimanapun juga, bisnis itu kan masalah rezeki. Seberapa hebatpun strategi yang di lakukan,hanya Tuhan saja yang menentukan hasilnya.

( ABDUROHMAN/12116041/12.1B.24 )

Tidak ada komentar: