1.
Berperanlah sebagai pelanggan dengan cukup uang. Telponlah pesaing di
daerah anda dan berbicaralah dengan representative dari perusahaan
tersebut seperti layaknya anda adalah prospek potensial yang sedang
mencari informasi cthnya instruktur golf.
Anda dapat menanyakan dengan rumus 5wh (who, what, when, where, why and
how) untuk memberi pertanyaan yang cerdas dan mendapat jawaban tentang
kekuatan dan kelemahan pesaing anda. Salah satu hal terpenting yang
harus berhasil anda lakukan adalah membuat mereka mengirimkan sales
& information package mereka pada anda, dimana dalam package
tersebut akan dijelaskan mengenai produk dan jasa mereka. Literatur
bisnis kompetitor anda akan menceritakan secara detil mengenai public
image mereka , dan disamping itu anda dapat mempelajari kekuatan dan
kelemahan produk dan jasa yang mereka tawarkan secara detil.
2. Teleponlah kompetitor di luar daerah anda cthny toko laptop. Anda selanjutnya dapat menelpon perusahaan yang sejenis dengan anda (atau yg sedang anda rencanakan) di luar daerah anda, dimana anda tidak dianggap sebagai saingan mereka. Dengan demikian, mereka tidak merasa terancam saat anda memberikan pertanyaan. Sangatlah berguna bila anda dapat berbicara dengan personel kunci dari perusahaan sejenis, misalkan di lain propinsi. Saat anda berbicara dengan kompetitor yang jauh jaraknya seperti ini, pendekatan anda haruslah lebih“straight-forward”. Anda dapat katakan pada pemilik ataupun managernya, bahwa anda sedang berpikir untuk membuka usaha sejenis dan berharap mendapat masukkan/input dari mereka. Sering kali mereka dengan senang hati akan memberikan input tentang industri mereka, bisnis secara keseluruhan dan banyak lagi informasi gratis pada anda. Meskipun demikian, anda perlu berhati-hati agar tidak menghabiskan waktu terlalu banyak dalam bertanya, batasi percakapan telpon anda 10 sampai 15 menit maksimum.
3. Terakhir anda dapat melakukan “in-field competition analysis (yang biasa di lakukan di forum diskusi)” dengan melakukan telemarketing pada prospek dan menanyakan apakah mereka mengenal kompetitor anda, pernah menjalin hubungan bisnis dengan mereka, dan lain-lain. Dengan melakukan ini, anda juga melakukan prekualifikasi terhadap prospek potensial yang belum pernah menjalin bisnis dengan kompetitor anda, dan membuka peluang terjadinya penjualan. Sebagai tambahan, di saat anda berada di luar melakukan sales call, anda dapat melakukan cara yang sama saat berbicara dengan prospek dan anda dapat mengetahui apa yang mereka suka dan apa yang tidak mereka suka dari kompetitor anda.
NAMA : MEGA TEGUH SANTOSO
NIM : 12114225
KELAS : 12.1E.24
Tidak ada komentar:
Posting Komentar