Rabu, 14 Desember 2011

Manfaat Neraca Lajur


Neraca lajur adalah suatu kertas berkolom-kolom yang dirancang untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan keuangan secara sistematis. Pada perusahaan kecil hanya memiliki sedikit rekening mungkin mereka tidak memerlukan neraca lajur karena mereka dapat dengan mudah menyusun laporan keuangannya secara langsung dari necara saldo setelah disesuaikan. 

Tetapi pada perusahaan besar yang memiliki banyak rekening buku besar tidak dapat dengan mudah menggunakan cara demikian dalam menyusun laporan keuangan. Dengan neraca lajur perusahaan yang relatif besar dapat menyusun laporan keuangan secara teliti dan mudah. Sebenarnya neraca lajur lebih tepat disebut sebagai kertas kerja yang digunakan sebagai alat pembantu dalam menyusun laporan-laporan keuangan. Neraca lajur bukan merupakan laporan keuangan maka tidak perlu diberikan kepada pihak luar seperti kreditur, pemegang saham dan sebagainya. Perlu disadari pula neraca lajur tidak dapat menggantikan kedudukan pencatat akuntansi atau laporan keuangan dan semata-mata hanya merupakan alat pembantu untuk laporan keuangan. Walaupun demikian neraca lajur ini sangat diperlukan oleh pihak manajemen perusahaan untuk dapat melihat perkiraanperkiraan yang terjadi dalam kegiatan perusahaan sehari-hari sehinggas pihak manajemen dapat mengontrol setiap pengeluaran atau biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menunjuang kegiatan atau operasinya

Pemakaian neraca lajur sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan. Manfaat dalam pemakaian neraca laju antara lain, dapat di gunakan dalam memeriksa data-data(rekening dan jumlah saldo) yang akan di sajikan dalam laporan keuangan, dapat menunjukan bahwa prosedur-prosedur yang perlu di lakukan untuk menyusun laporan keuangan telah di laksanakan, dan dapat mempermudah untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin di lakukan. Neraca lajur bukan merupakan bagian dari catatan akuntansi yang formal dan karena sifatnya tidak formal maka penyusunannya dapat juga dilakukan dengan menggunakan pensil sehingga mudah dikoreksi apabila terjadi kesalahan.
Kolom dari neraca lajur terdiri dari neraca saldo, penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, laba-rugi, perubahan modal, dan neraca. Tiga kolom pertama(neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo yang telah disesuaikan) sama dengan kolom-kolom neraca saldo yang telah disesuaikan. Jadi neraca saldo adalah neraca saldo setelah disesuaikan ditambah dua pasang kolom untuk laporan rugi/laba dan neraca. Langkah selanjutnya dalam pembuatan neraca lajur adalah mengisi kolom rugi/laba dan neraca di ambil dari kolom neraca saldo setelah disesuaikan. Terima Kasih semoga bermanfaat.(FITRIANI MUSLIMAH/12115161/12.1B.14)

Tidak ada komentar: