Kamis, 22 Desember 2011

PROFIL WIRAUSAHA


Archive for the ‘Wirausaha’ Category

Kewirausahaan Mahasiswa: Tugas Praktek Lapangan (Antara Tantangan dan Keuntu

Kewirausahaan Mahasiswa: Mewujudkan Impian Selagi Muda

06 Dec

Saat ini saya mengampu Mata Kuliah Kewirausahaan di Universitas Widyatama. Salah satu tugas yang diminta pada mahasiswa adalah agar mereka menuliskan karangan, impian atau kenangan mereka terhadap kewirausahaan. Berikut adalah beberapa hasil karya mereka:
1. ROBBY NOER ILLAHI:
Pertama impian saya sebagai seorang mahasiswa yaitu ingin sekali menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat, dan dapat bekerja di dalam instansi instansi pemerintahan.
Saat ini saya sebagai seorang mahasiswa berfikir bahwa bagaimana caranya agar bisa mendapatkan sebuah penghasilan dari modal sekecil-kecilnya, tetapi bisa menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya..??
Insyaallah jika saya diberi kesempatan untuk memiliki keuangan dan Rezeki yang lebih, saya akan membuat sebuah WIRAUSAHA dalam bidang INDUSTRI MAKANAN..
Dimana yaitu sebuah usaha yang dapat membantu dalam keuangan saya, dan juga dapat bermanfaat bagi semua orang yang membutuhkan semacam makanan gituh..
Lalu saya berfikir bagaimana caranya membuat sebuah wirausaha dalam bidang Industri Makanan, dan akhirnya saya mendapatkan sebuah ide yaitu membuat sebuah makanan semacam MIE AYAM BASO ALA SIXTEENDAY’S.. dimana nama sixteenday’s itu adalah nama sebuah grup band yang saya miliki. J 
Pertama, setelah saya menentukan sebuah nama untuk wirausaha di bidang industri makanan, lalu selanjutnya saya harus bisa menentukan kembali bagaimana proses untuk kedepannya,.
Saya bersama teman satu grup band yang bernama Sixteenday’s, berencana untuk menyiapkan sebuah tempat yang strategis untuk wirausaha yang akan saya jalani, dan akhirnya sebuah tempat yang strategis telah tersedia, lalu saya harus menyiapkan semua bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat sebuah makanan semacam mie ayam baso. saya sendiri bingung dan bahkan tidak tahu sama sekali apa saja bahan-bahan yang harus diperlukan dan dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan tersebut..
Lalu saya berfikir keras tentang hal ini, yaitu apa yang harus saya lakukan?? Saya berfikir bagaimana apabila saya bekerjasama dengan tukang mie ayam yang selalu berkeliaran di pinggir jalan..??? dan akhirnya saya pun menjalani ide terbaik yang saya punya, yaitu BEKERJASAMA DENGAN TUKANG MIE AYAM YANG BIASA BERKELIARAN DI PINGGIR JALAN..
Dan akhirnya semua masalah telah terpecahkan. lalu setelah tempat yang strategis, dan bekerjasama dengan tukang mie ayam jalanan, saya berniat untuk merenovasi tempat berjualan saya, yang sesuai dengan keinginan anak muda jaman sekarang J. Yaitu, saya membuat keadaan dan suasana tempat dengan senyaman mungkin dan memfasilitasi tempat tersebut dengan adanya beberapa musik yang berkeliaran di udara, bahkan memasang semacam wifii agar para pelanggan yang mayoritas para anak-anak muda jaman sekarang dapat senantiasa merasa senyaman mungkin makan di tempat berjualan yang saya buat.
Saya bersama teman-teman saya akan selalu mengembangkan bisnis wirausaha industri makanan ini, bahkan jika penjualan di bidang makanan ini berjalan sesuai dengan harapan, yaitu menghasilkan untung yang sangat besar. Insyaallah saya ingin membuka cabang di berbagai daerah, untuk membuat mie ayam baso ala sixteenday’s menjadi tambah berkembang dan terus semakin berkembang.
Untuk membuat wirausaha ini menjadi semakin maju yaitu, pasti sangat membutuhkan sekali beberapa INVESTOR. Maka dari itu sangat penting sekali fungsi dari investor tersebut.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya lakukan, mohon maaph apabila ada kata-kata yang kurang tepat dan mungkin berlebihan dalam karangan yang buat ini.
Terimakasih banyak.. J 
Cerita fakta yang terjadi pada saudara saya:
Pada waktu itu dia adalah seorang menager di perusahaan ternama yaitu perusahaan ASTRA HONDA. Sudah sangat lama sekali dia bekerja disana sampai akhirnya dia melakukan pensiunan dini karena dengan alasan mungkin sudah terlalu cape bekerja di perusahaan tersebut. Setelah dia pensiunan dia mencoba untuk membuat suatu wirausaha yang dapat menguntungkan dia di kemudian hari, lalu dia membuat sebuah wirausaha yaitu MEMBUAT KOLAM APUNG DI TENGAH DANAU CIRATA. Dan wirausaha yang dia lakukan pun ternyata sangat menguntungkan bagi dia. Bahkan pekerjaanya pun tidak sama sekali membuat dia menjadi lelah.
Lalu, wirausaha yang dia buat pun sampai sekarang masih di jalaninya, bahkan sekarang dia sudah memperluas daerah kolam apungnya, di karenakan mendapatkan untung yang sangat besar dari hasil wirausaha tersebut.

2. MELATI PUSPITA KUSUMAH
 
Saya Melati Puspita, saya salah satu orang yang sangat berkeinginan besar di dalam berwirausaha. Karena saya pikir dengan berwirausaha memberikan jalan untuk saya agar dapat inovatif dan tidak pasif,,mungkin bagi sebagian orang setelah mereka lulus kuliah mereka lebih memilih berkerja di perusahaan milik orang lain,yang mungkin bagi mereka itu pekerjaan yang pasti dan sangat sedikit memungkinkan terjadinya kerugian.tapi bagi saya pada decade sekarang lebuh baik berwirausaha meskipun mungkin pada awalnya saya juga akan berkerja terlebih dahulu di perusahaan milik orang lain untuk mengumpulkan modal awal saya untuk dapat berwirausaha.
Pengalaman saya berwirausaha di mulai ketika saya kecil,,waktu saya SD saya berjualan kue kering buatan nenek saya kepada teman-teman saya,dan banyak yg berminat untuk membeli kue saya. Selain dari itu juga saya sempat menjual aksesoris yang saya buat sendiri dengan bahan manic-manik. Sejak SMP saya pun pernah berwirausaha dengan membuka perpustakaan di rumah saya dan saya melakukan ini bersama teman-teman sepermainan saya karena pada saat itu saya sudah berfikir untuk dapat mengefektifkan barang agar dapat menghasilkan sesuatu yang lebih,akhirnya kita putuskan untuk membuka perpustakaan dengan meminjamkan buku-buku yang kita miliki sambil menyewakan buku saya juga menjua kue hasil karya saya sendiri dan akamdulilah banyak peminatnya.
Ketika SMA saya mulai mencoba bergabung dengan oriflamme untuk melakukan bisnis MLM (multi level marketing ). Dan alhamdulilah saya bias mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis ini.dan alhamdulilah saya menekuni bisnis ini sampai sekarang jadi sekitar sudah 3 tahun saya menekuni bisnis ini. Dan sekarang selain saya menekuni bisnis oriflamme saya juga menjual coklat hasil karya tante saya kepada teman-teman saya selain dari itu juga saya menjual produk kecantikan seperti lulur,masker,body bleaching,dll. Produk ini langsung saya ambil dari salon teman saya. Saya menjual produk ini dengan jasa dapat di antarkan ke rumah pemesan dan alhmdulilah dari usaha ini juga saya memperoleh keuntungan yang sangat besar.
Itulah beberapa usaha yang pernah saya lakukan selama ini,adapun harapan saya dalam berwirausaha untuk selanjutnya saya sangat ingin membuka café minimalis yang mengedepankan kenyamanan tempat,harga yang terjangkau,kualitas makanan dan minuman yang baik,dan yang terakhir pelayanan yang memuaskan.
Untuk bias menjadi seorang wirausaha tentunya saya harus berorientasi pada tindakan saya. Yang pertama saya harus proaktif dengan saya berkuliah di widyatama saya sudah merasa proaktif karena saya berkeyakinan apabila saya mengikuti perkuliahan di widyatama ini dengan baik dan penuh keseriussan maka saya akan selangkah lagi menuju kesuksesan. Yang kedua bermula dari ujung pemikiran yaitu saya harus memulai segala aktivitas dengan meyakini bahwa saya akan lulus dari universitas widyatama ini februari 2013 dengan ipk minimal 3,5. 
Yang ketiga saya harus dahulukan yang utama,dimana saya harus menomorsatukan kuliah dari pada yang lain guna mencapi kesuksesan yang di harapkan. Yang keempat berpikir menang-menang yaitu ketika saya mulai merasa lelah dengan perkuliahan yang saya jalani, saya selau menanamkan dalam hati saya bahwa saya harus tetap semangat, raihlah kelulusan dengan cepat dan buatlah orang tua bangga dengan diri kita. Yang kelima memahami untuk dipahami yaitu bukan bagaimana orang lain memahami kita tapi bagaiman kita mampu memahami orang lain,misalnya saja saya tentunya sangat wajib memahami peraturan universitas saya,memahami dosen dan memahami tean-teman saya dengan itu mereka semua pun secara otomatis pasti akan memahami saya juga.
Yang keenam saya harus membuat sinergi terutama dengan orang-orang di sekitar saya karena merekalah yang akan selalu memberi support kepada saya untuk selalu menjadi yang terdepan. Yang ketujuh ketahanan fleksibelitas dan kekuatan yaitu dimana ketika saya mendapatkan kegagalan dalam hidup saya,saya harus tetap bangkit dan mencoba terus karena dengan begitu saya akan semakin dekat dengan kesuksesan. Yang terakhir menemukan keunikan diri dan membantu orang lain menemukannya, yaitu saya harus menggali kelebihan saya setelah itu kita harus membantu teman kita untuk menemukan kelebihannya dengan begitu dengan kelebihan diri kita dan kelebihan teman kita,kita dapat berkerjasama dengan kelebihan masing-masing untuk menghasiilkan sesuatu yang inovatif dan menciptakan suatu peluang bisnis bagi kita.
Sekian pengalaman dan keinginan saya di dalam berwirausaha semoga bermanfaat
nama = RIZKY HABIBI
nim  = 12116146
kelas = 12.1B.24 :)

Tidak ada komentar: