Jumat, 16 Desember 2011

Mengapa Akuntansi Diperlukan?


Dalam menghadapi dunia bisnis dan ekonimi yang semakin mengarah ke arah yang terus berkembang dan maju seperti sekarang ini, maka semakin besar pula tuntutan kebutuhan akan informasi untuk melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan secara efisien.
Untuk mengambil suatu keputusan dalam dunia usaha atau ekonomi perlu adanya suatu rumusan sistem yang sifatnya jelas, maka disinilah letak penting dan diperlukanya akuntansi.
Dimana sistem itu adalah berupa proses mengidentifikasi, menganalisa dan merubah data menjadi informasi.
Informasi tersebut berupa :
· Jurnal (journal)
Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urutan waktu terjadinya) dan menunjukan rekening yang di debet dan di kredit beserta jumlah rupiah masing-masing.
· Buku besar (ledger)
Buku besar adalah alat untuk mengolongkan rekening-rekening sejenis yang ada buku jurnal dan disusun secara sistematis sehingga dapat diketahui saldo terkhir dari tiap-tiap rekening tersebut (disebut saldo normal)
· Neraca saldo (trial balance)
Neraca saldo adalah suatu daftar saldo rekening yang terdapat di buku besar.
Akuntansi sering di gunakan dalam perusahaan, badan, atau organisasi.
Supaya kondisi keuangan tersebut dapat di amati, dan di kendalikan dengan baik, maka di adakanya proses pencatatan, sistem pencatatan dalam kondisi keuangan tersebut kita kenal dengan istilah akuntansi.
Akuntansi juga di sebut sebagai suatu seni karena akuntansi di olah dan dirancang dengan cara khusus yang terpola dan mempunyai nilai ke indahan.
Kalau matematika adalah bahasa para fisikawan, maka akuntansi adalah bahasa para businessman (pengusaha). (Atang Sukmana/12.1C.24/18111008)

Tidak ada komentar: