Jumat, 16 Desember 2011

Manfaat Wirausaha Bagi Karyawan

inilah gambaran agar seorang karyawan mampu berwirausaha tanpa harus menunggu pensiun atau PHK dari pekerjaannya yang hanya sebagai karyawan.
Anggapan beberapa orang bahwa lebih nyaman bekerja sebagai karyawan. Tidak pusing menawarkan barang (promo), tidak khawatir uang tidak ada, jaminan makan siang, uang ini uang itu terkadang ada.

Tetapi tidakkah terpikir oleh anda bahwa suatu saat anda pasti mengalami dua kemungkinan :


1. Pensiun. Kalau sudah pensiun masih mengandalkan uang jaminan hari tua (JHT) ? Ini tidak menjamin, nilai nominal uang JHT kita tergerus inflasi yang rata-rata 9 % per tahun. Berarti kita memasuki masa sulit setelah masa nyaman.

2. PHK. Ini lebih parah, walaupun kita mendapat uang pesangon ratusan juta sekalipun uang pesangon itub terus tergerus habis karena konsumsi dan inflasi. Biasanya kita tidak akan siap menghadapi situasi ini. Kalau PHK mengundang polemik pasti yang terpikir adalah demo karyawan dan konsumsi kebutuhan sehari-hari. Begitupun jika PHK tidak ada polemik maka yang terpikirkan adalah mencari lowongan kerja dan konsumsi kebutuhan sehari-hari.

Kedua kemungkinan ini amatlah riskan untuk kita yang saat ini sebagai karyawan dan belum memiliki persiapan peralihan dan mental.

Cara efektif adalah bersegeralah memiliki wirausaha sekecil apapun bahkan seremeh apapun. Tidak jarang orang yang hanya berjualan gorengan mampu memiliki rumah mewah dan menuntaskan anak-anaknya hingga sarjana.

Dengan menjalankan wirausaha di masa anda sebagai karyawan memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

1. Membangun mental yang kuat. Menjalankan wirauasaha melatih mental yang kuat karena kadang menghadapi kerugian.
2. Memiliki visi dan misi bagi diri untuk kita sendiri. Artinya kita sudah memiliki tujuan hidup, kemana setelah kita tidak menjadi karyawan lagi.Memiliki kemampuan manajemen yang aplikatif. Bagaimana tidak ? kita tentu sedikit demi sedikit akan memiliki kemampuan manajemen secara aplikatif langsung terjun ke lapangan.
4. Membuat persiapan yang lebih baik ketika menghadapi pensiun atau PHK.
5. Memiliki teman yang berwawasan luas. Untuk yang ini hendaklah kita terlebih dahulu bergabung ke dalam komunitas wirausahawan.
6. Mengasah otak kanan. Tentu dengan menjalankan wirausaha maka diperlukan ide-ide kreatif dari otak kanan yang kita punya.
7. Berani menghadapi tantangan dan resiko.

Dan lain sebagainya. Tetapi yang tak kalah pentingnya, terkadang orang yang terbiasa menjalankan wirausaha selalu berani dalam mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar.

Jadi tunggu apa lagi ? Toh anda akan mengalami dua pilhan cepat atau lambat. Pensiun/PHK atau perusahaan tempat anda bekerja bangkrut artinya anda yang berhenti atau perusahaan yang berhenti.
itulah manfaat wirausaha bagi karyawan yang dapat menjadi pertimbangan anda, agar tak mematok hidup hanya sebagai karyawan saja. (HENIE NURAHMAH/12119669/12.1B.24)

Tidak ada komentar: