Sabtu, 28 April 2012

Yuk... Berfikir Positif


Yuk... Berfikir Positif
Dalam berwira usaha banyak hal yang harus kita lakukan untuk  memulai usaha,menjalankan usaha dan mempertahan kan usaha kita. Salah satu nya adalah  Berfikir Positif. Berfikir Positif sangat berpengaruh  dalam meningkatkan usaha kita,Misalnya pada saat kita memulai membuka salah satu usaha, kita itu harus yakin dan berfikir positif bahwa kita mampu untuk menjalan kan usaha kita dan kita akan mendapatkan keuntungan ataupun laba dari usaha yang kita jalan kan.
Berfikir positif merupakan salah satu faktor untuk memepertahan kan usaha yang kita jalankan. Apabila disaat kita menjalankan usaha kita dan mengalami penurunan kita jangan  langsung menyerah dan  berfikir negatif bahwa kita sudah tidak mampu lagi untuk mempertahan kan apa lagi untuk meningkatkan usaha kita. Apabila kita berfikir positif dan  berusaha untuk mencari  jalan keluar bagaimana caranya agar kita mampu mempertahan kan usaha kita,mudah-mudahan dan aku yakin pasti ada jalan keluar dari masalah itu.
Salah satu contoh dalam berfikir positif adalah apabila kita diberikan satu soal ataupun latihan oleh dosen kita, kita langsung berpikir negatif dan mengatakan soal nya susah banget, ada pula yang mengatakan gak mengerti,dan ada pula yang langsung menyerah sama sekali tidak membahas soal yang diberikan, Nah dari contoh itu otomatis kita tidak akan mendapatkan jawaban atau hasil. Coba kalau kita berfikir positif dann mengatakan saya harus bisa menyelesaikan soal itu,dan saya juga mengerti soal yang di berikan oleh bapak itu.dari kita berfikir positif itu kita akan berusaha  bagaiman agar soal itu bisa kita selesaikan.
Berfikir positif adalah salah satu modal utama dalam mempertahan kan usaha dalam jangka panjang.Apabila anda mengalami masalah katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terusmenerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.
Percaya pada kekuatan pikiran positif Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik.


 Fokus lah pada hal-hal positif Ketika kita sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘hari ini dagangan ku pasti habis’. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.
 Hadapilah rasa takutmu, Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.
 Ubah cara pandang kita Ketika sesuatu pekerjaan kita tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.
Masyarakat pada umumnya dijangkiti penyakit ragu-ragu,dan seringkali terjebak dalam kesalahan berfikir seperti jangan-jangan kalu aku buka usaha ini nanti....oleh karnanya berfikir positif merupakan landasan bagi sikap optimisme harus ditingkatkan.Model kesalahan berfikir apakah berfikir dengan overgeneralisasi tidak berdasarkan data,jump out to conclusion dsb,, perlu disingkirkan.pola pikir alternatif seperti melihat posisi lain dari suatu peristiwa seperti misalnya semacam otosugesti. Pasti ada jalan alternatif,,atau jalan lain.                    

 Novita Sari Sitompul/12.1A.14/12120475

Tidak ada komentar: