Sabtu, 28 April 2012

Memberikan Bekal Wirausaha Kepada Mahasiswa


  
Memberikan Bekal Wirausaha Kepada Mahasiswa


Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) adalah Program yang digulirkan oleh Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) dengan memberikan dana batuan kepada perguruan-perguruan tinggi sebagai bentuk permodalan bagi mahasiswa.PMW bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis IPTEK kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha nasional yang tangguh dan sukses, menghadapi persaingan global.
Dalam mengembangkan kewirausahaan di perguruan tinggi, Dikti melakukan program-program dengan beberapa skema. Skema pertama adalah dengan memberikan dana bantuan kepada perguruan-perguruan tinggi sebagai bentuk permodalan bagi mahasiswa dalam Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Dikti. Melalui program ini dana yang telah dicairkan oleh Dikti masing-masing 2 Milyar rupiah untuk Perguruan Tinggi bertaraf Internasional, 1 milyar untuk Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi Negeri, 500 Juta rupiah untuk Politeknik Negeri, dan 1 Milyar rupiah untuk setiap koordinator perguruan tinggi swasta (Kopertis).
Skema kedua untuk pendampingan mahasiswa yang menerima bantuan permodalan ini Dikti telah melatih 1500 dosen dari sekitar 300 perguruan tinggi dalam Training Of Trainer Dosen Kewirausahaan yang bekerja sama dengan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC). Melalui TOT para dosen diperkenalkan dengan fondasi pendidikan Entrepreneurship di perguruan tinggi. Peserta juga diperkenalkan dengan model-model pembelajaran entrepreneurship di perguruan tinggi, kreativitas sebagai dasar inovasi, best-practices lifeskill, dan bagaimana mengajarkan memulai sebuah business kepada mahasiswa.
Skema ketiga, Dikti melakukan program Cooperative Academic Edcuation atau yang lebih dikenal dengan Coop. Program ini adalah kegiatan pendidikan bagi mahasiswa S1 yang telah selesai semester 6 yang diberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan, industri, UKM selama 3-6 bulan. Program Kreativitas Mahasiswa adalah program lain yang menawarkan Rp. 10 juta untuk setiap proposal yang masuk.
Skema keempat, Dikti berhasil membangun jejaring Sinergi Busines-Intelectual-Government (BIG) yang merupakan kerja sama Dikti dan Kadin Indonesia. Beberapa tujuan penting yang ingin dicapai melalui sinergi ini adalah pemetaan potensi-potensi penelitian kerjasama antara perguruan tinggi, dunia industri dan wilayah.
Skema terakhir yang dilakukan oleh Dikti adalah Kuliah Kewirausahaan. Program ini dirancang dengan menyertakan 5 kegiatan saling terkait sebagai wahana: Kuliah Kewirausahaan (KWU), Magang Kewirausahaan (MKU), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Konsultasi Bisnis dan Penempatan Kerja (KBPK) dan Inkubator Wirausaha Baru (INWUB)
Tujuan dan Manfaat program PMW ini adalah
Tujuan program :
  1. Menumbuhkan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa
  2. Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil risiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial.
  3. Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa khususnya sense of business.
  4. Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi
  5. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  6. Membangun jejaring bisnis antarpelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan  pengusaha yang sudah mapan.
Manfaat program :
  1. Bagi Mahasiswa :
    • Memberikan kesempatan untuk terlibat langsung dengan kondisi dunia kerja guna meningkatkan  soft skill nya.
    • Memberikan kesempatan langsung untuk terlibat dalam kegiatan nyata di UKM guna mengasah jiwa wirausaha.
    • Menumbuhkan jiwa bisnis (sense of business) sehingga memiliki keberanian untuk memulai usaha didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu.
  2. Bagi UKM :
    • Mempererat hubungan antara UKM dengan dunia kampus.
    • Memberikan akses terhadap informasi dan teknologi yang dimiliki perguruan tinggi
  3. Bagi Perguruan Tinggi :
    • Meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan
    • Mempererat hubungan antara dunia akademis dan dunia usaha, khususnya UKM
    • Membuka jalan bagi penyesuaian kurikulum yang dapat merespons tuntutan dunia usaha  
    • pengusaha sukses masa depan.

[ASRONI/12121144/12.1A.14]Bottom of Form


Tidak ada komentar: