Minggu, 22 April 2012

Menumbuhkan Minat Wirausaha

Semakin berkembang suatu negara,semakin banyak pula orang-orang yang berpendidikan tinggi dan semakin ketat persaingan dalam mencari lowongan pekerjaan,apa lagi bagi orang-orang yang pendidikan nya lebih rendah hilanglah peluang untuk mereka bekerja di perusahaan industri,akibatnya banyak orang menganggur karna hal tersebut.
 Pengangguran di Indonesia yang telah mencapai puluhan juta orang merupakan suatu masalah yang mendesak yang harus segera dipecahkan karena dampak pengangguran itu akan sangat berbahaya bagi tatanan sosial,meningkatnya tindak kriminal,ketika orang menganggur ,ia akan otomatis menjadi miskin karna tidak punya penghasilan,hal ini bisa mendorong seseorang untuk mendapatkan kebutuhan hidup dengan segala cara,termasuk yang tidak halal,misalnya mencuri atau merampok.
Maka dari itu semakin dirasakan betapa pentingnya berwirausaha dalam kehidupan sehari-hari.dengan bekerja atau berwirausaha kita selalu berprilaku dan berpikir ke arah yg positif antara lain:
·         Disiplin
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Arti dari kata disiplin itu sendiri adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya.
·          Komitmen Tinggi
Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.
·          Jujur
Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausahawan. Kejujuran dalam berperilaku bersifat kompleks.
·          Kreatif dan Inovatif
Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi.
Daya kreatifitas tersebut sebaiknya adalah dilandasi oleh cara berpikir yang maju, penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar.
·         Mandiri
Seseorang dikatakan “mandiri” apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak, termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain.
·          Realistis
Seseorang dikatakan Realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasionil dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/perbuatannya

Pertama untuk menjalankan usaha kita harus mempunyai mimpi atau tujuan untuk meraih suatu hal yg kita inginkan,dengan mimpi itulah tumbuh niat dan tekad yang kuat untuk membuka usaha, Di samping itu motivasi merupakan hal penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha karena sebagian besar wirausaha dimotivasi oleh keinginan untuk menentukan nasibnya sendiri yaitu dengan berusaha seoptimal mungkin mencapai sebuah tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup selain itu kita harus mempunyai keyakinan dan rasa percya diri,berani mengambil resiko jatuh bangunnya usaha yang akan kita jalani.
Kedua mempunyai bekal berupa mental dan menguasai beberapa keterampilan Menunjang,semakin banyak keterampilan yang dikuasai makin tinggi minat bisnisnya dan semakin banyak peluang terbuka untuk berwirausaha.
Ketiga menjadi seorang wirausaha harus memiliki  sikap dan perilaku yang mendukung pada diri seorang wirausahawan. Sikap dan Perilaku sangat dipengaruhi oleh sifat dan watak yang dimiliki oleh seseorang. Sifat dan watak yang baik,sangatlah penting dalam berwirausaha,buatlah orang lain percaya dengan kemampuan yg kita miliki dan membeli hasil produk yang kita buat,sehingga usaha yang kita jalani bisa berjalan lancar dan sukses untuk masa depan. (Mista/12120855/12.1B.14)

Berusahalah selagi ada kesempatan
           Lihatlah kedepan,jangn ke belakang
                    Masa depan ada di tangan kita sendiri


Tidak ada komentar: