Rabu, 18 April 2012

Mengantisipasi Kegagalan dalam Usaha

Kegagalan adalah proses yang tertunda. Kegagalan adalah kesempatan dengan mana kita belajar lebih banyak untuk meraih kesuksesan. Kegagalan juga yang akan membuat kita merasa kebahagiaan yang luar biasa ketika suatu usaha yang kita jalani meraih sukses dengan keberhasilan yang dicapai. Takkan pernah ada keberhasilan jika tidak merasakan kegagalan karenanya kegagalan menjadi tolak ukur suatu keberhasilan.
Setidaknya ada 2 pandangan positif yang dapat membantu kita dalam menemukan jatidiri yang sesungguhnya, yaitu :
·         Pandangan Pertama
Kegagalan adalah kesempatan untuk belajar lebih baik lagi. Jadi jangan pernah berhenti saat kita menemukan kegagalan tetapi kita harus pelajari dengan adanya kegagalan untuk mencapai pencapaian yang lebih baik.
·         Pandangan Kedua
Kegagalan tidak ada kaitannya dengan jumlah. Sehingga berapa kali pun kita alami kegagalan, bukan malah harus menyerah atau berputus asa tetapi kita harus bangkit atas setiap kegagalan karena itu adalah kesempatan untuk menemukan cara baru dan kesempatan yang lebih baik lagi.
            Orang yang sedang melangkah untuk sukses harus senantiasa sadar menghadapi kegagalan sebagai kemungkinan terburuk yang terjadi. Dalam hal kegagalan, ada dua perbedaan yang mendasar antara orang sukses dan orang gagal. Orang sukses pasti pernah mengalami kegagalan, sebaliknya orang gagal tidak pernah mengalami kesuksesan.(ENI ASTUTI KUSTINI/11.4A.14)
Sumber :
Buku "Manajemen Wirausaha" Karya: Ais Zakiyudin

Tidak ada komentar: