Kamis, 19 April 2012

***MEMBENTUK MENTAL ***
..^WIRAUSAHA^..

J
aman sekarang ini banyak orang yang membutuhkan pekerjaan. Mereka mencari berbagai lowongan pekerjaan  entah itu yang tercantum di koran maupun berbagai informasi dari keluarga, teman, atau informasi dari sumber lain. Banyak orang yang sangat berharap menjadi seorang karyawan atau pegawai salah satunya adalah menjadi pegawai kantoran. Gaji yang cukup tinggi sebagai seorang pegawai terkadang membuat kita tergiur akan hal itu. Namun harus kita ketahui bahwa menjadi seorang wirausahawan pun tidak kalah menggiurkan dan menguntungkan dibanding menjadi seorang pegawai.

Sebenarnya kita bisa saja  menjadi seorang wirausaha asalkan ada keinginan, usaha, serta kerja keras untuk menjadi wirausaha yang sukses. Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh sebagai seorang wirausaha diantaranya lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarga, lebih mandiri, menyediakan lapangan pekerjaan baru, dan masih banyak lagi.

Namun dalam membentuk pribadi atau mental sebagai seorang wirausaha tidaklah mudah. Sebagai seorang wirausaha tidak hanya modal yang kita butuhkan, tetapi kita harus memiliki mental yang kuat, cerdas dan kreatif agar dapat bersaing di dalam bisnis dunia usaha. Selain itu, ada beberapa cara membentuk mental seorang wirausaha, diantaranya:

*     Niat
Jika kita sudah niat akan menjadi seorang wirausaha, kita harus menjalaninya dengan penuh keyakinan sehingga usaha yang kita lakukan dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Kita yakinkan dalam hati kita bahwa kita pasti BISA” dan niatkan dalam hati kita akan menjadiSUKSES.

*     Disiplin
Disiplin waktu dan janji adalah salah satu kunci membentuk mental seorang wirausaha. Waktu luang yang ada jangan sampai terbuang percuma untuk hal-hal yang tidak penting, tetapi fokuskan waktu itu untuk memikirkan apa yang akan kita lakukan untuk usaha kita di hari esok. Berfikir lebih kreatif dan mencari peluang bisnis dalam dunia usaha. Begitupula janji, tepat janji kepada seseorang akan membuat orang itu memiliki kepercayan dengan kita. Karena kepercayaan susah didapatkan apabila kita sering ingkar janji.

*     Berani dan tidak Malu untuk memulai Berwirausaha
Banyak orang malu untuk menjadi seorang wirausaha contohnya saja berdagang di pinggir jalan (pedagang kaki lima), harus kita ketahui bahwa keberhasilan atau kesuksesan sesorang dirintis dari awal, dari nol (bawah) yang kemudian jika sukses akan berada diatas. Oleh karena itu kita harus menyingkirkan rasa malu dan berani berkarya lebih inovatif dan kreatif untuk kesuksesan yang akan kita peroleh di waktu yang akan datang.

*     Tidak Mudah Putus Asa
Mudah putus asa adalah ciri-ciri orang yang tidak ingin sukses. Kegagalan dalam berwirausaha adalah hal yang biasa. Namun dari kegagalan itu, kita tidak boleh putus asa melainkan kita harus bangkit dan dan mencari cara atau jalan menuju kesuksesan itu.

*     Mau Bekerja Keras dan Ulet
Dalam berwirausaha kita tidak boleh malas atau setengah-setengah dalam menjalankan usaha. Kita harus fokus,ulet, bekerja keras, lebih kreatif dan inovatif sehingga usaha yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal seperti pepatah yang mengatakan “Bersakit-sakit dahulu, Bersenang-senang kemudian”.
 
*  Menganggap Kegagalan adalah Suatu Kesuksesan yang Tertunda
Kegagalan adalah awal dari suatu keberhasilan dan kesuksesan. Jangan pernah menganggap kegagalan adalah suatu usaha akhir. Anggaplah kegagalan itu adalah awal kesuksesan kita yang harus kita perjuangkan untuk mencapai suatu kata “AKU SUKSES dan AKU BISA”.

*     Percaya Diri
Jangan pernah minder akan usaha yang kita lakukan. Percaya dirilah dengan usaha itu bahwa usaha itu kelak akan maju dan menjadi sukses.

*     Sabar dan Ikhlas
Mental seorang wirausaha yang paling sulit adalah kesabaran. Terkadang kita mengeluh akan hasil yang kurang maksimal atau konsumen yang lebih tertarik akan usaha orang lain. Namun belajarlah untuk sabar dan ikhlas karena dengan kesabaran insya allah usaha yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar.

*     Tidak pernah lupa untuk Bersyukur atas apa yang telah di dapatkan
Salah satu kunci sukses adalah selalu bersyukur. Mental itu pula yang harus kita miliki agar kita tidak pernah mengenal kata “SOMBONG” saat kita berada di atas. Usaha yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar apabila di dampingi dengan doa dan rasa syukur keada Tuhan.

*     Dukungan orang-orang terdekat
Dukungan orang-orang terdekat kita salah satunya keluarga dapat membantu kita untuk terus bangkit dan berusaha menjadi lebih baik lagi dalam berwirausaha.

*     Semangat Pantang Menyerah
Pantang menyerah akan kegagalan dan terus bersemangat dalam berwirausaha akan membuat kita menjadi termotivasi menjadi seorang wirausaha yang sukses di masa depan. Nyerah ???????? no...no...no

Keberhasilan dan Kesuksesan berada di tangan kita. Apa yang kita kerjakan sekarang itu yang akan kita petik hasilnya di waktu yang akan datang. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya dari sekarang. Berwirausaha adalah salah satu usaha untuk menjadikan kita lebih mandiri serta tempat untuk mengembangkan kemampuan kita menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Bangun Mental kita menjadi lebih kuat, Yakinkan hati kita, Selalu berfikir positif, Niatkan hati, dan Katakan ,,,,,,,,(Sri Indah Mardiani/12120932/12.1B.14)

“AKU BISA MENJADI SUKSES”
^*Success*^
......Sure, I can do......

1 komentar:

adm mhs mengatakan...

Membentuk mental wirausaha memang tak mudah..
Apa lagi untuk anak muda..yang katanya gengsi dengan kalimat berdagang.
Bagaimana yaaa..menyikapi problema tersebut????