Sabtu, 28 April 2012

Analisa pasar konsumen

ANALISIS PASAR KONSUMENi
Pendahuluan
Tujuan Pemasaran adalah untuk memenuhi dan memberikan kepuasan kepda kebutuhan dan keinginan konsumen. Perilaku Konsumen adalah study tentang bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan membuang barang, jasa, gagasan, atau pengalaman untuk memberikan kepuasan kepada keinginan dan kebutuhan mereka. Memberikan kepuasan kepada konsumen memberikan clues untukj memperbaiki atau memperkenalkan produk atau jasa, menentukan harga, menetapkan jalus distribusi, merancang pesan, dan mengembangkan aktivitas pemasaran lainnya. Para marketer selalu mencari tren-tren yang muncul yang memberikan peluang-peluang pemasaran baru. Salah satu contoh tren baru di Amerika ialah metrosexual.
Apa saja yang mempengaruhi Perilaku Konsumen?
Para marketer harus benar-benar memahami baik teori maupun realitas perilaku konsumen. Di bagian akhir tulisan ini ada contoh tabel tentang sejumlah fakta yang menarik tentang konsumen Amerika pada tahun 2001, dan Marketing insight yaitu tentang “Kecenderungan Konsumen untuk Masa Depan” memberikan gagasan kepada para marketer apa yang akan ditemukan pada tahun 2025.
Perilaku membeli konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, dan perorangan. Faktor-faktor budaya merupakan pengaruh yang paling luas dan paling dalam.
Faktor-faktor Budaya
Budaya, sub-budaya, dan klas sosial merupakan pengaruh yang sangat penting pada perilaku membeli konsumen. Budaya merupakan faktor penentu mendasar bagi keingingan dan perilaku seseorang. Anak yang sedang tumbuh memperoleh seperangkat nilai (value), persepsi, preferensi, dan perilaku melalui keluarganya dan institusi kunci lainnya. Seorang anak yang sedang tumbuh remaja di USA diekspose untuk nilai-nilai yang berikut: prestasi dan keberhasilan, aktivitas, efesiensi dan kepraktisan, kemajuan, kesenangan material, individualism, kebebasan, kesenangan luar, kemanusiaan, dan keremajaan.
i Kotler, P. & Keller, K.L. (---), Marketing Management 12e Person International Edition
(ZAENAL ABIDIN/12122175/12.1C.24)
SUMBER:http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCMQFjAA&url=http%3A%2F%2Fdadangiskandar.files.wordpress.com%2F2010%2F03%2Fanalisis-pasar-konsumen.pdf&ei=P-GbT_S5CIHVrQe05_18&usg=AFQjCNFh3M31huyyy5P_Os4ssMQWrl-DGQ&sig2=cE8sszkmjoUmZ1SrE9d4IA

Tidak ada komentar: