Selasa, 24 April 2012

Kreatifitas dan Inovasi sebagai Modal Utama Berwirausaha

Menurut, Dr. Suryono, Msi, penulis buku “Kewirausahaan, Pedoman Praktik: Kiat dan Proses Menuju Sukses” (2006: 2), kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Dari definisi tersebut, ada dua kata kunci penting yang harus diperhatikan bila kita ingin sukses menekuni bidang Bisnis Wirausaha yaitu kreativitas dan inovasi.Kreativitas yang dimaksud adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang atau dengan kata lain kemampuan untuk memikirka sesuatu yang baru dan berbeda. Sedangkan inovasi adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang serta kemampuan untuk sesuatu yang baru dan berbeda. Sesuatu yang baru dan berbeda tersebut dapat dalam bentuk hasil seperti barang dan jasa dan biasa dalam bentuk proses seperti ide, metode dan cara. Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya diawali dengan memunculkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran baru untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda melalui :
1.      Pengembangan teknologi baru
2.      Penemuan pengetahuan ilmiah baru
3.      Perbaikan Produk barang dan jasa yang ada
4.   Penemuan cara-cara baru untuk menghasilkan barang lebih banyak dengan sumber daya yang lebih efisien.

  Modal Bisnis Wirausaha
       Dalam kewirausahaan atau Bisnis Wirausaha, modal tidak selalu identik dengan modal
yang berwujud (tangible) seperti uang dan barang, tetapi juga modal yang tidak berwujud (intagible) seperti modal intelektual, modal sosial, modal moral dan modal mental yang dilandasi agama. Secara garis besar, modal kewirausahaan dapat dibagi ke dalam empat jenis, yaitu: Modal intelektual, Modal sosial dan moral, Modal mental, Modal material.
 
- Modal intelektual 
  dapat diwujudkan dalam bentuk ide-ide sebagai modal utama yang disertai; pengetahuan (knowledge),    kemampuan (capability), keterampilan (skill), komitmen (commitment), tanggungjawab (authority).

-Modal Sosial dan Moral
 Modal sosial dan moral diwujudkan dalam bentuk kejujuran dan kepercayaan, sehingga dapat terbentuk citra diri yang positif. Seorang wirausaha yang baik biasanya memiliki 10 etika wirausaha adalah  Kejujuran memiliki integritas, Menepati Janji, Kesetiaan, Kewajaran, Suka Membantu orang lain, Menghormati orang lain, Warga negara yang baik dan taat hukum, Mengejar keunggulan, dan Bertanggungjawab.
 
-Modal Mental
 Modal mental adalah kesiapan mental berdasarkan landasan agama (spiritual). Diwujudkan dalam bentuk keberanian untuk menghadapi risiko dan tantangan yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

-Modal Material 
 Modal material adalah modal dalam bentuk uang atau barang. Modal ini bukan segalanya dan bukan merupakan modal utama, karena modal material dapat terbentuk apabila  kita telah memiliki jenis-jenis modal di atas.

 Jiwa Dan Sikap Kewirausahaan
      Proses kreatif dan inovatif hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki jiwa dan sikap    kewirausahan, yaitu :
-  Orang-orang yang percaya diri yakni, optimis dan penuh komitmen, berinisiatif, enerjik dan pecaya diri.
-     Memiliki motif berprestasi, berorientasi hasil dan berwawasan kedepan
-     Memiliki jiwa kepemimpinan, berani tambil beda
-    Berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan, karena itu suatu tantangan.
(BELLA RASIANNE/11103025/11.4A.24)                                                                                 

Tidak ada komentar: