Senin, 16 April 2012

Manajemen Aktiva Bagi Usaha Kita

Kegiatan mengelola keuangan usaha, sering membuat para pengusaha bertanya, kenapa labanya selalu habis tanpa sisa dikas usaha? Kebanyakan para pemula, tidak memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi. Bagaimana cara mengelola keuangan usaha kita ? ini dia tipsnya :
  1. Pisahkan keuangan usaha dengan uang pribadi : Banyak yang menganggap jika usahanya masih kecil tidak memerlukan pemisahan keuangan. Padahal itu adalah kesalahan utama yang bisa mengganggu arus kas usaha.
  2. Tentukan keuangan yang digunakan untuk kebutuhan usaha : Hal ini sangat berguna untuk merencanakan keuangan usaha kita. Jika presentase keuangannya tidak jelas maka arus kas usaha kita akan tidak jelas pula
  3. Pembukuan dengan rapi : Adanya pembukuan bertujuan untuk mengontrol semua transaksi keuangan, baik pemasukan, pengeluaran, serta hutang dan piutang yang dimiliki usaha.
  4. Kurangi resiko dari hutang usaha : Mengembangkan usaha dengan cara berhutang, memang diperbolehkan. Namun kita juga harus waspada, karena jika kondisi keuangan usaha kurang baik, beban cicilan hutang hanya akan memperburuk keadaan usaha.(PICKI HELGA/11101524/11.4A.24)
Sumber : www.bisnisukm.com

Tidak ada komentar: