Rabu, 21 Desember 2011

STRATEGI PEMASARAN


Permasalahan yang sering dihadapi oleh para UKM yang meliputibisnis rumahanbisnis wanita, bisnis sampingan, dan lain sebaginya adalah dalam bidang pemasaran, hal ini dikarenakan orientasi UKM ke pasar masih rendah. Kebanyakan dari mereka sangat antusias menciptakan produk-produk yang bagus, misalnya saja yang kini mulai banyak dikelola para ibu rumahtangga yaitu sampah yang mampu mereka jadikan berbagai produk kreatif, inovatif hingga memiliki nilai jual yang tinggi. Namun, persaingan perdagangan sangatlah ketat sehingga UKM harus mampu berorientasi kepada pasar. Maka itulah, promosi menjadi pilihan strategi dalam memperkenalkan produk UKM. Bagi UKM promosi merupakan hal penting, karena mengandung 2 hal, yaitu tanpa promosi seolah-olah UKM tidak melakukan pemasaran. Selain itu, promosi merupakan strategi marketing. Oleh karena itu, pameran menjadi hal yang penting dan perlu.
Pameran merupakan strategi promosi yang ampuh untuk mempromosikan produk bahkan mampu meningkatkan omset penjualan serta mampu berinteraksi dengan konsumen dan bisa mengetahui tanggapan konsumen terhadap produk kita. Sehingga berbeda dengan media promosi seperti iklan yang bersifat pasif. Karena dalam kegitan pameran, UKM bisa melakukan demo, membagikan brosur, melakukan personnal dealing dengan buyertermasuk dengan UKM-UKM baru yang menghasilkan produk di pasar.
Selain itu pameran dapat memberikan manfaat yang lebih bagi keuntungan bisnis Anda, diantaranya adalah:
1. Sebagai sarana mengenalkan produk
Karena diajang pameran inilah, Anda dapat secara langsung mengenalkan produk Anda kepada masyarakat. Disamping itu, Anda juga membagikan contoh produk, membagikan kartu nama, brosur atau pamflet. Sehingga makin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.
2. Mengenalkan produk dengan inovasi baru
Ajang pameran tidak hanya sebagai tempat yang mengenalkan produk baru saja, namun juga untuk menawarkan produk lama yang diberikan inovasi baru. Hal ini dilakukan agar konsumen lama Anda tidak merasa bosan dengan produk yang sudah ada. Dan pelanggan barupun bisa merasakan inovasi baru yang dimiliki produk Anda.
3. Memperkuat citra perusahaan
Lewat pameran Anda bisa memperkuat image atau citra perusahaan. Karena keikut sertaan dalam pemeran menujukkan eksistensi perusahaan Anda, dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen, agar meningkatkan antusias masyarakat dan menanamkan citra baik perusahaan Anda dimata konsumen.
4. Mengetahui informasi pesaing
Biasanya pameran banyak diikuti para pelaku usaha, baik yang baru ataupun yang sudah lama. Bahkan pelaku usaha yang sama pun memungkinkan mengikuti pameran. Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan maupun produk pesaing, mulai dari harga, produkunggulan, peralatan yang digunakan, maupun perkembangan bisnis mereka.
5. Survey pasar melalui pameran
Anda  dapat melaukan survey pasar secara langsung, dengan cara melihat seberapa besar minat pengunjung pameran terhadap produk Anda. Dan dari hasil penjualan selama pameran, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan sebagai acuan dalam menentukan strategi bisnis kedepannya.
RIFAI 12.1E.24 NIM 12116307

Tidak ada komentar: