A.
Pengertian Pemasaran.
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran
diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran
adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong
pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu
dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan
dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari
kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi
dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
B.
Konsep Pemasaran.
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi:
kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan;
pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat
membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu
keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
C.
Manajemen Pemasaran.
Manajemen pemasaran berasal dari dua kata
yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah
analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian
(organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan. Jadi dapat diartikan bahwa
Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan
pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud
untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
D.
Sistem Informasi Pemasaran.
Bila didefinisakan dalam arti yang luas,
sistem informasi pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang
memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan
yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga
barang jasa dan gagasan.
Sistem informasi pemasaran selalu digunakan
oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk
perusahaan tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg
berkaitan dengan: - Produk –Promosi -Tempat -Harga produk.
Strategi pemasaran.
Strategi pemasaran terdiri dari campuran
unsur-unsur yang dinamakan bauran pemasaran semua itu dikenaldengan 4P yaitu:
Produk apa yang dibeli pelanggan untuk
memuaskan kebutuhannya.
Promosi berhubungan dengan semua cara yang
mendorong penjualan
Place berhubungan dengan cara
mendistribusikan produk secara fisik kepada pelanggan melalui slauran
distribusi.
Price terdiri dari semua element yang
berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan.
Komponen Sistem Informasi pemasaran.
Sistem informasi pemasaran mempunyai
komponen yang sama dengan sistem informasi secara umum, yaitukomponen-komponen
input, model, output, basis data, teknologi dan kontrol. Perbedaan komponen-komponen
ini antar sistem-sistem informasi lainnya adalah konteks letak dari sistem
informasinya. Misalnya untuk Sistem informasi pemasaran ini, maka komponen
inputnya adalah input tentang data pemasaran dan outputnya adalah
laporan-laporan berisi informasi pemasaran. (MUHAMAD TOHA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar