Kantor Maya atau Virtual Office adalah sebuah “ruang kerja” yang berlokasi di dunia
internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang
diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki
“fisik” lokasi usaha.Kantor Virtual merupakan sebuah bentuk aplikasi
layanan perkantoran dalam format virtual yang bekerja secara online. Pengaturan
operasional dan fungsional suatu kantor virtual memungkinkan pemilik bisnis dan
karyawan untuk bekerja dari lokasi di manapun dengan menggunakan teknologi
komputer seperti PC, laptop, ponsel dan akses internet.
Tujuan Kantor Virtual
Kemajuan teknologi terus mendorong dunia bisnis bergerak semakin
cepat. Kantor Virtual timbul sebagai upaya untuk mewujudkan pengurangan
penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Pengurangan bahkan peniadaan
tersebut bertujuan sebagai efisiensi kerja yang berujung pada penekanan biaya
(cost reduction). Sebuah kantor virtual dapat memberikan penghematan yang
signifikan dan fleksibilitas dibandingkan dengan menyewa ruang kantor
tradisional.
Kantor
virtual merupakan
implementasi dari upaya otomasi perkantoran (office automation) yang
bertujuan membantu karyawan untuk meningkatkan produktifitas kerja mereka.
Untuk perusahaan skala kecil dan menengah menggunakan Kantor virtual tidak sama
dengan pengurangan karyawan. Dalam hal pengurangan kantor secara fisik, maka
yang dikurangi adalah wujud fisik kantor berupa ruangan, meja kursi,
maupun lemari arsip. Sebagai gantinya, karyawan tetap dapat bekerja
melalui kantor virtual. Keberadaan kantor virtual bagi seorang
karyawan dapat “datang” ke kantor secara cepat. Karena sebetulnya, kedatangan
dan kepergian karyawan tersebut berlangsung secara virtual tidak secara fisik datang
dan hadir di lingkungan kantor.
Mewujudkan suatu kantor virtual berarti
mempersiapkan infrastruktur otomasi perkantoran, melakukan definisi ulang
(redefine) proses kerja kantor, serta mempersiapkan kondisi karyawan untuk
bekerja melalui kantor virtual. Definisi ulang proses kerja dan persiapan
kondisi karyawan tentunya akan melibatkan proses manajemen yang cukup
kompleks, terlebih bagi perusahaan yang selama ini beroperasi dengan cara
tradisional. Sedangkan infrastruktur otomasi perkantoran, meskipun tetap melibatkan
proses manajemen, lebih sering dipandang dari segi teknis integrasinya.
Infrastruktur otomasi perkantoran dapat tersusun
atas tiga jenis aplikasi berikut ini:
- Aplikasi
perkantoran, meliputi pengolah kata, pengolah tabel, pengolah slide
presentasi.
- Aplikasi
komunikasi, termasuk e-mail, messaging, voice-mail, telefon, fax, address
book, dll.
- Aplikasi
kolaborasi, yang berisi aplikasi manajemen proyek, kalender elektronik,
forum diskusi, aplikasi konferensi dll.
Perkembangan Kantor Virtual
Aplikasi komersial pertama dari kantor virtual terjadi pada tahun
1994, ketika Ralph Gregory mendirikan “Virtual Office, Inc”, di Boulder,
Colorado. Perusahaan ini diperluas di seluruh Amerika Utara dan sekarang
dikenal sebagai “Intelligent Office”.
Kini dengan semakin banyaknya perusahaan yang menyediakan layanan
Kantor Virtual, memudahkan individu untuk mengembangkan usahanya tanpa harus
memikirkan infratruktur otomasi perkantoran. Beberapa perusahaan kantor virtual
telah menyediakan layanan dan bantuan yang terkait dengan kantor fisik, seperti
alamat kantor yang bergengsi, layanan menjawab telepon profesional dan
menyewakan ruang kantor dan ruang pertemuan, dan lain-lain.
Kantor Maya saat ini bukan hanya sebagai pemanfaatan ”ruang
kerja” di dunia maya, tetapi juga merupakan aplikasi lengkap termasuk
komunikasi profesional.
Layanan komunikasi Kantor Virtual
·
Resepsionis Jarak Jauh –
Sebuah tim pekerja kantor virtual bekerja menggunakan teknologi Komunikasi yang
terintegrasi dengan perangkat lunak Komputer untuk menggantikan resepsionis
tradisional.
·
Asisten Virtual – Sebuah
asisten virtual sering kali merupakan sekretaris bagi yang bekerja dari rumah,
dan jarang bertemu atau bertatap muka dengan klien.
·
Layanan Jawab / call
center beroperasi dari lokasi terpusat untuk tujuan menerima dan mengirimkan
sejumlah besar permintaan melalui telepon. Layanan telepon kantor virtual
menjembatani kesenjangan antara Anda dan klien.
·
Kotak suara adalah
teknologi yang menyimpan pesan suara elektronik.
·
Gedung Kantor Virtual –
kantor virtual memberi Anda untuk memiliki kantor nyata di kota pilihan Anda,
agar dapat digunakan untuk bertatap muka, rapat, pertemuan dengan karyawan lain
atau relasi.
Layanan Ruang Kantor Virtual
·
Alamat Profesional –
Sebuah bangunan bergengsi untuk digunakan sebagai alamat bisnis.
·
Alamat surat – Alamat
profesional dapat digunakan untuk menerima, mengirim surat tanpa konotasi dari
sebuah PO Box .
·
Resepsionis – Tenaga
Resepsionis sebagai ”wakil” untuk menerima dan menandatangani paket atau
dokumen.
·
Bisnis Meeting Space –
Penggunaan ruang pertemuan sesuai dengan permintaan (per jam, harian atau
mingguan) untuk melakukan pertemuan atau rapat.
·
Sebuah kantor layanan
lengkap virtual akan menyediakan internet broadband, fax, fotokopi, printer,
fitur telepon tingkat lanjut, conference call, video conferencing, lobi / ruang
tunggu dan dapur.
·
Live Resepsionis Virtual
– Sebuah layanan menjawab virtual adalah sebuah sistem otomatis dengan
resepsionis virtual hidup. Ini jenis layanan dapat dinikmati tanpa membeli
peralatan mahal.
Keuntungan Kantor Virtual
Secara spesifik ada lima keuntungan yang dapat diperoleh dengan
keberadaan kantor virtual:
- Pengurangan biaya operasional
perusahaan seperti lokasi dan ruang tempat usaha, biaya peralatan kantor,
gaji karyawan.
- Kantor virtual menggunakan
jaringan komunikasi formal, seluruh bentuk komunikasi terjadi
melalui kantor virtual tercatat secara formal.
- Rapat atau pertemuan dapat
dilakukan melalui konferensi telekonferensi dan video, dan dokumen dapat
ditransmisikan secara elektronik.
- Pengurangan halangan aktivitas
kerja seperti hujan, jalan macet, tempat jauh sudah tidak dapat lagi
menjadi alasan untuk tidak bekerja.
- Keuntungan sosial dari kantor virtual adalah memberikan kesempatan dan kemampuan bekerja untuk individu yang memiliki tanggungan anak-anak kecil, penyandang disabilitas, maupun lanjut usia.(Novan Ardianta/12122669/12.3F.14)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar