Senin, 13 Januari 2014

Masa Depan Teknologi Informasi

Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan .Dengan teknologi saat ini saja kita seakan sudah dapat “ Menggengam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut Biochip yang dibuat dari bahan protein  sintetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless komputer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
            Secara prinsip ciri – ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berfikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi kecerdasn untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan ibaratnya manusia.komputer masa depan akan memiliki kecerdasan luarbiasa ditambah dengan panca indra seperti: penglihatan,pengecap,peraba,pencium,dan pendengaran.
Jenis Komputer
Komputer masa depan juga akan memiliki bermacam-macam bentuk dan tingkat kecerdasan:
Yang bentuknya kecil dan sederhana bias dibawa bawa  atau dipakai (misalnya berbentuk arloji).Memiliki kecerdasan terbatas dan lebih berfungsi sebagai client komputer yang lebih besar.misalnya kit ingin tahu bagaimana kondisi lalu lintas saat ini antara Jakarta ke Bandung,maka komputer ini akan segera menanyakan ke komputer dijaringan secara peer to peer dan memberikan informasi terbaik berdasarkan data yang diterima.Komputer ini juga merupakan semacam tanda pengenal dari si pemakai (tuannya),sehingga kemanapun tuannya pergi,semua komputer komputer di seluruh dunia akan mengenali orang ini berdasarkan identifikasi  yang dipancarkan oleh komputer kecil ini.Yang terpasang didalam mobil,fungsinya memonitor kondisi lalu lintas,mobil dan penumpang.Komputer ini akan memiliki banyak kamera yang memonitor kondisi jalan dan interior mobil.Komputer juga memiliki layar yang berbentuk kaca depan mobil,sehingga dalam keadaan gelap,Komputer dapat membantu memproyeksikan gambar jalanan dengan terang ke kaca depan mobil berkat kamera infra merah yang terpasang di sekeliling mobil.Komputer juga akan mengambil alih kemudi jika si pengemudi berada dalam keadaan tidak sehat (misalnya mabuk).yang terpasang dirumah fungsinya membuat semua proses dirumah menjadi otomatis misalnya menyalakan lampu,pompa kolam renang dan lain lain saecara otomatis.Yang terpasang secara sentral,fungsinya mengatur semua sumber sumber daya yang ada di bumi ini.Komputer sentral ini akan terhubung melalui jaringan nirkabel ke semua komputer dipermukaan bumi  dan antariksa.
Sensor Panca Indra
Dengan adanya panca indra tadi dan kemajuan di teknologi programming,maka komputer- komputer tadi dapat beroperasi secara mandiri,karena tidak lagi memerlukan input dari perangkat khusus seperti keyboard / mouse / touch screen dikomputer masa sekarang:
Penglihatan : komputer dilengkapi oleh kamera 360 derajat dan dapat memahami gerak gerik / gesture, roman muka, gerakan mulut, mengenali orang / benda-benda sekitar dan menterjemakannya kedalam intruksi komputer. Misalnya jika ada orang mecurigakan berjalan melintas komputer ini, maka komputer dapat melaporkannya kepolisi dan member data berupa foto / rekaman video orang yang mencurigakan tersebut dan data-data lain (misalnya nama, nomer ktp, alamat dan lain-lain) dari orang tersebut. Pengecap : komputer dilengkapi dengan sensor yang dapat mengecap, sehingga dapat mengenali bermacam-macam jenis makanan / minuman  / benda dari rasanya. komputer ini dapat menterjemahkan rasa sebuah benda dan menguraikannya ke dalam ramuan dasar (misalnya terbuat dari gula, tepung, minyak kelapa sekian persen…dst). Salah satu aplikasinya adalah merasakan makanan yang akan dimakan tuannya dan memastikan bahwa tidak ada racun di dalamnya.
Operating System yang Ramping dan Cerdas
Operating system di sini menjadi sangat penting karena operating system harus berjalan di banyak arsitektur hardware yang berbeda-beda (tergantung jenis komputer tadi). OS harus dapat melayani semua permintaan dari aplikasi diatasnya dengan optimum tanpa terlalu membebani hardware yang ada
Komputer Masa Depan: Microsoft Surface
Kini perusahaan M$ sedang mengembangkan proyek computer masa depan mikrosoft surface (code name: Milan).Uniknya computer ialah tidak menggunakan mouse ataupun keyboard sebagai input devide melainkan menggunakan multiple layar sentuh dan suara.Komputer ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang D5 mei 2007 lalu akan dipasarkan pad akhir tahun ini. Sasaran targetnya ialah perusahaan bisnis besar, Perhotelan, Restoran, Rental.
Konsep Interface Masa Depan
Setiap hari,dunia IT menyediakan banyak informasi.Agar kta tidak tersesat dalam lautan data,dibutuhkan interface untuk navigasi yang jelas antara manusia dan computer.Chip telah mengunjungi para ilmuwan yang mengembangkan berbagai konsep interface baru.
Perkembangan Jaringan Masa Depan tidak akan lepas dengan internet, Karena Internet merupakan jaringan global yang luas. Teknologi apa saja yang akan berkembang dan akan popular dimasa mendatang.
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEE 802.16. WiMaX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jaruh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan  evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tepat dapat dilakukan (tidak proprietary). Dalam kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, dan high speed enterprise.
Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.
Perkembangan dunia telekumunikasi dan komunikasi data dengan jaringan komputer sangat cepat sekali, hingga saat ini tersedia komunikasi data dengan kecepatan tinggi dengan broadband internet menggunakan Fiber Optic, memungkinkan sekali dimasa depan setiap komputer akan terintegrasi dengan jaringan global internet dengan menggunakan wimax karena daya jangkau wimax sampai 8 KM, dimana saja kita akan mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi dan semakin gampang untuk mengakses informasi. (Muji Hartono/18120958/12.3F.14)

Tidak ada komentar: