Sabtu, 18 Januari 2014

Masa Depan Teknologi Informasi

Di era globalisasi ini teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Mulai dari teknologi pengolahan data yang semakin cepat hingga teknologi telekomunikasi yang semakin praktis. Hal ini menyebabkan banyaknya inovasi-inovasi yang muncul di era ini. Teknologi informasi sudah menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, hampir setiap saat kita tidak bisa lepas dengan keberadaan teknologi informasi. Hal ini merupakan suatu akibat dari mulai diimplementasikannya teknologi informasi kedalam kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendasar bagi manusia seperti komunikasi, kesehatan, keamanan dan perekonomian.
Pada saat ini, dampak berkembangnya teknologi informasi dapat kita rasakan, hal ini dapat kita lihat dari maraknya penggunaan-penggunaan handphone oleh setiap orang, Padahal belasan tahun yg lalu hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Kita juga dapat bertatap muka dengan seseorang yang jaraknya jauh dengan menggunakan fasilitas video call dan juga saat ini kita sudah mulai terbiasa membeli barang secara online, mengambil dan mengirim uang dengan menggunkan ATM serta mendapatkan informasi dengan hanya sekali “klik”. Teknologi informasi seakan mengubah gaya hidup kita menjadi lebih mudah dan praktis.
Di masa depan teknologi informasi diprediksi akan semakin meroket. Hal ini disebabkan penemuan-penemuan penting telah banyak dihasilkan akhir-akhir ini. Penemuan higgs boson misalnya atau penggunaan nanotechnology yang semakin populer atau juga penemuan-penemuan lain di masa yang akan datang nanti yang dapat membuat teknologi informasi menjadi semakin berkembang dan menghasilkan sesuatu yang sangat berguna, mudah dan lebih praktis lagi.
Dari segi transportasi, saat ini kita telah terbiasa melakukan perjalanan berjam-jam untuk mencapai suatu tujuan yang cukup jauh walaupun mungkin masih satu pulau. Tetapi, di masa depan nanti kita bisa membayangkan kereta super cepat yang akan mengantarkan kita dari jakarta ke surabaya hanya dengan waktu 1 jam saja. Saat ini kita juga sangat kesal apabila kita terjebak dengan kemacetan terutama di kota-kota besar. Untuk itu mungkin di masa depan nanti teknologi akan berkembang pesat sehingga mobil-mobil sudah dapat terbang dengan halusnya diatas jalanan. Dan penggunaan tenaga listrik untuk bahan bakar pun akan menjadi tren di masa yang akan datang nanti karena listrik dalam hal ini tidak mengeluarkan emisi.
Di masa depan nanti komunikasi adalah hal yang paling utama, informasi akan kita dapatkan dengan sangat mudah seiring bertambahnya kecepatan transfer data yang saat ini sudah mencapai ratusan Gbps dalam jaringan internet. Dan mungkin nantinya kita sudah mulai mencapai jangkauan kecepatan Tbps. Dan hal ini membuat kita akan sangat sering menggunakan internet dalam keperluan-keperluan transfer data dan pencarian informasi.

Saat ini, komputer berkecepatan tinggi adalah hal yang biasa. Processor tercepat saat ini mungkin dimiliki oleh intel core i7 980X yang kecepatannya mencapai 3.33 Ghz dan telah memliliki 6 core. Tetapi, komputer di masa depan nanti akan mempunyai kecepatan yang luar biasa cepatnya melebihi komputer saat ini. Nantinya, suatu processor mungkin saja memiliki puluhan core sehingga kecepatannya menjadi super cepat.
Kapasitas harddisk mencapai terabyte bagi seseorang adalah angka yang cukup besar. Tetapi angka tersebut akan menjadi kecil di saat nanti. Karena perkembangan teknologi akan memungkinkan kita untuk menyimpan data sampai beribu-ribu terabytes (Petabytes). Dan angka tersebut akan menjadi umum di masa depan nanti.
Tablet pc sekarang sedang berkembang dengan pesatnya, samsung dengan galaxy tab dan apple dengan ipadnya mulai dimiliki banyak orang. Bahkan tablet pc buatan cina pun kini sudah merajalela di pasaran. Di masa depan teknologi tablet pc mungkin bakal menjadi lebih tipis lagi seperti kertas yang bisa dilipat-lipat tetapi dengan fungsi yang lebih lengkap. Orang-orang dengan leluasanya menyimpan itu di saku mereka.
Kita mungkin pernah berlangganan koran atau suatu majalah tertentu sampai kita menaruhnya bertumpuk-tumpuk atau koran tersebut tergeletak begitu saja setelah kita selesai membacanya. Nah, di masa depan nanti koran tersebut akan digantikan dengan sebuah lembaran tipis digital seperti kertas yang berisi informasi-informasi yang dapat diupdate. Selain itu koran tersebut dapat juga menampilkan gambar yang bergerak (video) seperti di harian “daily prophet” dalam film harry potter. Koran terebut juga dapat menyimpan atau menghapus koran edisi-edisi sebelumnya, sehingga kita tidak lagi melihat tumpukan koran tercecer di lantai rumah kita. Selain itu, koran tersebut juga menghemat biaya pemakaian kertas.
Saat ini ponsel yang sedang populer adalah ponsel yang berbasis android. Selain karena nyaman digunakan android juga merupakan OS yang open source. artinya, kita dapat bebas mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis android, berkat open source inilah banyak inovasi software yang dapat memudahkan pekerjaan kita. Di masa depan nanti saya rasa akan sangat banyak software-software yang dibuat untuk membantu pekerjaan-pekerjaan manusia. Sehingga handphone menjadi sangat multifungsi mereka dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan sepele seperti mengusir nyamuk, penunjuk jalan, mencari barang yang hilang, translator, pengukuran dan lain-lain.
Yang saat ini sedang populer juga yaitu fitur touchscreen. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menggunakan jarinya sebagai penunjuk. Hal ini membuat fitur touchscreen harus dimiliki setiap gadget untuk bersaing. Jika dilihat kedepannya, fitur touchscreen ini akan dapat digunakan dimana-mana. Semua fasilitas akan memiliki fitur touchscreen. di masa depan nanti saya memprediksi meja-meja belajar kita merupakan suatu komputer mini tipis yang mempunyai fitur touchscreen yang multifungsi. sehingga kita bebas mencari dan membaca materi kuliah hanya dengan menunjuk-nunjuk jari kita.

Saat ini kita masih menggunakan pena dan kertas untuk menulis. Tetapi nantinya kita mungkin saja meninggalkan itu semua karena kita sudah mempunyai suatu alat yang lebih praktis yaitu bolpoin digital (pen tab) dengan itu kita bisa menulis dan menggambar layaknya sebuah pena di komputer. Selain lebih praktis alat tersebut juga lebih mudah untuk diedit serta disalin dalam bentuk digital.
Robot menjadi topik yang menarik dewasa ini, banyak ilmuwan yang mencoba mendesain robot sedemikian rupa sehingga menghasilkan robot yang berguna bagi manusia secara efektif. Di masa depan nanti robot akan terlihat dimana-mana. Banyak suatu hal yang dilayani oleh robot misalnya pembelian karcis, pengenalan identitas, bahkan robot pun dapat menggantikan manusia dalam hal memasak, mencuci baju, menjemur pakaian dan pekerjaan rumah tangga lainnya.
Bermain game sudah menjadi hal yang disukai oleh setiap orang terutama bagi mereka yang masih muda. Perkembangan visual grafis akan membuat game menjadi terasa sangat mirip dunia nyata. Kita bagaikan masuk dan berada di dunia game tersebut dan game tersebut akan digerakkan hanya dengan sensor tubuh kita. Sehingga kita dapat dengan leluasa bergerak mengikuti alur game tersebut.
Salah satu sensor yang saat ini belum ditemukan adalah sensor bau. Mungkin disuatu saat nanti kita dapat menemukannya dan dapat diimplementasikan di dunia entertainment seperti dalam film-film atau game. Sehingga saat kita menonton film kita dapat mencium aroma yang ditayangkan suatu film atau saat kita bermain game kita juga dapat mencium aroma suasana game tersebut.
Di masa depan, semuanya akan bekerja serba otomatis berkat berkembangnya embedded sistem. Yaitu sistem komputer yang ditanamkan pada suatu benda. Mungkin kita sudah lelah untuk membuka dan menutup pintu garasi atau pagar rumah kita ketika kita akan masuk. Dengan adanya embedded sistem, semuanya serba otomatis pintu terbuka dengan sendirinya apabila diperintahkan. Hal tersebut sepertinya akan umum terjadi di masa depan. Pintu mobil terbuka otomatis, keran air tertutup secara otomatis, bahkan kita mungkin dapat mengunci rumah kita hanya dengan menggunakan suara kita.

Banyak kemungkinan terjadi di masa depan. Inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informasi terkini diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang dapat membuat pekerjaan kita lebih mudah. Dengan banyaknya penemuan-penemuan penting dalam displin ilmu lainnya seperti fisika, kimia biologi dan lain-lain, teknologi informasi otomatis akan mengalami sebuah kemajuan hebat di masa depan dan kemajuan teknologi informasi juga akan berjalan dengan baik apabila manusia menggunakannya dengan semestinya, tidak menyalahgunakannya sehingga banyak menimbulkan kerugian bagi sebagian orang, karena disamping mempunyai banyak manfaat, teknologi informasi juga mempunyai banyak dampak negatif yang perlu kita hindari dan waspadai. (Ade Hidayat)

Tidak ada komentar: