Jumat, 17 Januari 2014

Data dan Informasi

Data adalah suatu kata atau kalimat yang harus diolah sesuai dengan apa yang diperlukan, dengan bentuk pengolahan seperti penambahan, penggabungan dan penyempurnaan data yang diperoleh menjadi data yang sesuai. Data yang didapat dalam berbagai macam bentuk, baik text, gambar , audio, video, bit atau byte yang tersimpan pada memori elektronik, atau fakta yang ada pada pikiran manusiaataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep (Mano, 2006).

Informasi adalah sebuah output system dari adanya sebuah pengolahan data , dengan menjadikan sebuah data yang sesuai dengan konteks dan sangat berharga bagi yang menerima Informasi tersebut , sehingga Informasi menjadi sangat penting bagi sang Penerima dan juga menambah wawasan ataupun pengentahuan tentang informasi yang disajikan . Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Dengan demikian Informasi yang ada adalah hasil dari pengolahan data-data yang memiliki sifatnya yaitu jelas,luwes dan mudah dipahami. 

Data dan Informasi tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hal ini disebabkan dari peran keduanya yakni bahwa data itu sebagai objek yaitu dasar dari terciptanya sebuah informasi, sedangkan informasi yang menjadi subjek yaitu yang berasal dari pengolahan data-data yang ada untuk menjadi informasi yang baik, sehingga keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda dan saling melengjapi sehingga keduannya tidak dapat digantikan maupun dihilangkan perannya. (SUSMANTO/12125555/12.3E.24) 

Tidak ada komentar: