Kamis, 16 Januari 2014

Peranti Lunak yang User Friendly

Peranti lunak yang user friendly adalah peranti lunak yang sederhana dan penggunaannya seringkali dikatakan mudah digunakan pengguna (user friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Peranti lunak juga dapat diartikan sebagai sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan fungsi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Merancang Software yang User Friendly
Software yang user friendly atau ramah, pengguna akan menjadi nilai lebih dan menentukan banyaknya konsumen yang senang memakai software yang kita buat. Perangkat lunak yang dimaksudkan untuk end-user computing 
harus semudah mungkin dipelajari dan digunakan ,atau user friendly .

Berikut ciri-ciri umum software yang user friendly:
Mudah digunakan
Maksud mudah digunakan disini sudah jelas mudah untuk dimengerti dan digunakan oleh user yang membutuhkan software tersebut. Software yang kita buat dirancang memberikan kemudahan user untuk mengembangkan nalar sendiri.

Interaktif
Software yang interaktif yaitu software dirancang, yang bisa membuat pengguna berinteraksi dengan program applikasi. Software dirancang sedemikian rupa sehingga user bisa terbantu jika ada kendala dalam pengoperasian atau dapat memberitahu pengguna jika ada kesalahan dalam memasukan data atau perintah.

Memenuhi kebutuhan pengguna
Software yang disukai pengguna harus bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Dalam hal ini software dirangcang agar bisa memberikan keluaran yang benar sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya software untuk mengolah foto, dalam hal ini pengguna ingin software bisa melakukan perbaikan citra, pemberian efek tambahan, output file yang kecil dengan kualitas yang bagus dll.
  
Bagi pemula untuk belajar membuat website bisa menggunakan software Content Management System dan free blog yang banyak tersedia dengan gratis. Berikut adalah software CMS website gratis yang mudah dipelajari dan dipraktekan oleh pemula:

      WordPress 
CMS wordpress ini mempunyai basic free blog wordpress. CMS ini adalah CMS terpopuler dan banyak digunakan oleh blogger atau website owner untuk membangun website. CMS wordpress ini dipasang pada hosting sendiri. Kebanyakan hosting berbayar sudah menyediakan software master wordpress ini. CMS wordpress ini bisa diunduh pada website www.wordpress.org. Content Management System CMS ini berbasis bahasa pemograman PHP. Bagi pengguna yang mengerti bahasa pemogramman PHP bisa mengedit script PHP dan membuat website yang dinamis dengan CMS ini. CMS wordpress ini juga mempunyai forum komunitas pengembangan dan tutorial.

Joomla
Content Management System gratis berikutnya adalah Joomla. Joomla ini juga dibangun dari bahasa pemograman PHP. Seperti CMS wordpress, Joomla juga banyak dipakai oleh pemilik website untuk membangun web mereka. Joomla juga mempunyai forum komunitas pengembang dan komunitas belajar. Modul-modul dan theme joomla gratis banyak tersedia diwebsite resmi joomla yaitu www.joomla.org. CMS joomla ini mempunyai database MySQL seperti CMS WordPress. Sampai saat artikel ini ditulis joomla telah dirilis sampai versi 1.7.
                 
Drupal
Software CMS gratis berikutnya yang tidak kalah mantap adalah Drupal. CMS Drupal juga dibuat dengan bahasa pemogramman PHP dan database menggunakan My SQL, MsSQL, dan Postgre. Bagi pengguna yang mengerti bahasa pemograman PHP saya sarankan memakai CMS ini untuk membangun website. Sebab CMS Drupal mempunyai banyak keunggulan seperti multi user, multi system operasi, dan multi bahasa. Dari segi keamanan, CMS Drupal ini juga sangat jarang terserang cracker. CMS ini bisa didapatkan secara gratis di website www.drupal.org. (Dede Misbahudin/18121399/12.3F.14)


Tidak ada komentar: