Kamis, 22 Maret 2012

FUNGSI MANAJER KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN

Kesuksesan suatu perusahaan dipengaruhi oleh kemampuan Manajer Keuangan untuk beradaptasi terhadap perubahan, meningkatkan dana perusahaan sehingga kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi, investasi dalam aset-aset perusahaan dan kemampuan mengelolanya secara bijaksana. Apabila perusahaannya dapat dikembangkan dengan baik oleh Manajer Keuangan, maka pada gilirannya kondisi perekonomian secara keseluruhan juga menjadi lebih baik. Seandainya secara lebih luas dana-dana dialokasikan secara tidak tepat, maka pertumbuhan ekonomi akan menjadi lambat. Dalam suatu perekonomian, efisiensi alokasi sumber-sumber daya adalah sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi secara optimal. Hal ini juga penting untuk menjamin bahwa individu-individu dapat mencapai kepuasan tertinggi bagi kebutuhan-kebutuhan pribadi mereka. Jadi, melalui investasi, pembelanjaan dan pengelolaan aset-aset secara efisien, Manajer Keuangan memberi sumbangan terhadap pertumbuhan kekeyaan perusahaan dan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.
Oleh karna itu manager keuangn memiliki fungsi :
1. Merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan dimana manajer mampu mengontrol keluar masuk uang dan menekan pembelanjaan yang dirasa kurang memiliki pengaruh untuk perusahaan.
2. Mengatur struktur aktiva (struktur kekayaan perusahaan)
3. Mengatur struktur finansial
4. Mengatur struktur modal
5. Mengendalikan akutansi, audit, dan department anggaran bendaharawan
6. mengarahkan anggaran perusahaan untuk memenuhi tujuan keuangan.
7. Mengawasi investasi dana mengelola risiko yang terkait, mengawasi kegiatan manajemen kas, jalankan modal penggalangan strategi untuk mendukung ekspansi perusahaan, dan menangani merger dan akuisisi.
Selain itu manajer keuangan juga memiliki fungsi sebagai :
  1. Fungsi pengembangan yang merupakan fungsi dimana manajer dapat mempengaruhi proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
  2. Fungsi Kompensasi adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan. Prinsipkompensas.
  3. Fungsi operasional adalah dalam Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan basic (dasar) pelaksanaan proses MSDM yang efisien dan efektif dalam pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
Tugas lain Manajer keuangan adalah menyediakan Laporan keuangan (Neraca, Laporan Rugi/Laba, dan Laporan Perubahan Modal).
Laporan Keuangan ini sangat penting, karena dibutuhkan oleh berbagai pihak, yaitu :
1. Pemilik perusahaan (pemegang saham)
2. manajer (pimpinan perusahaan)
3. Para Investor
4. Para Kreditur
5. Karyawan
6. Pemerintah.
Kesimpulan : Manajer keuangan sangat berpengaruh dalam kelangsungan perusahaan karna cukup dengan manajer keuangan perusahaan dapat menjalankan semua aktifitasnya. (Apriska Rully Subkhani/11530125/Akutansi/STIE Swasaya Cikarang)

Tidak ada komentar: