Senin, 26 Maret 2012

Memaksimumkan Nilai Perusahaan


Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan kemakmuran pemegang saham atau nilai perusahaan, hal ini dapat ditempuh dengan memaksimalkan nilai sekarang yang diharapkan akan diterima di masa yang akan datang. Ukuran yang digunakan price earning ratio (PER). Kepemilikan saham dibedakan dua, yaitu kepemilikan dalam perusahaan (kepemilikan manajerial) dan kepemilikan luar perusahaan (kepemilikan individual dan institutional).
        Tujuan utama yang ingin dicapai pemegang saham (terutama outsider ownership) kadang bertentangan dengan tujuan pihak manajemen, yaitu manajer bisa membuat keputusan yang memperbaiki kesejahteraan mereka sendiri dengan mengorbankan pemegang saham individu. Perbedaan tujuan dalam memaksimalkan kemakmuran pemegang saham antara pemegang saham dengan pihak manajemen, telah menimbulkan penelitian yang membahas pengaruh kepemilikan manajerial yang mempunyai dampak terhadap nilai perusahaan. Tujuan penelitian adalah Menganalisis pengaruh secara parsial maupun secara simultan variabel kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, likuiditas, leverage, profitabilitas (baik secara langsung maupun tidak langsung yang diinteraksikan dengan variabel investasi) secara bersama-sama terhadap variabel dependen (nilai perusahaan). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh ICMD 2001 — 2003, JSX Statistic 4th Quarter 2000 — 2002 kemudia.n dikumpulkan dengan dokumentasi.
        Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, kecuali sektor keuangan dan asuransi, yang diambil dengan teknik purposive sampling, sampel akhir yang diperoleh sebanyak 219 emiten. Teknik analisis inenggunakan regresi linier berganda dengan variabel moderating metode selisih mutlak. Pengujian penyimpangan asumsi klasik dilakukan untuk memastikan bahwa basil analisis regresi kayak diinterpretasi. Pengujian normalitas data menunjukkan tidak berdistribusi normal sehingga terdapat sampel yang harus dikeluarkan dad analisis karena data tersebut bersifat ekstrim. Sampel akhir yang dianalisis sebanyak 188 emiten. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepemilikan manajerial, rasio leverage, interaksi leverage dengan investasi, dan interaksi profitabilitas dengan investasi secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah ukuran perusahaan, likuiditas dan profitabilitas, dan interaksi investasi dengan kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan dan likuiditas. Secara bersama-sama seluruh variabel independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (Tembang jaya/Akuntansi/10530110)

Tidak ada komentar: